AHMAD NURHUDA, NURHUDA (2024) PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MAFATIHUL HUDA PUJON. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (648kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (623kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (553kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (292kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Nurhuda, Ahmad. 2023. Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Sikap Siswa Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Mafatihul Huda Pujon. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al- Hikam Malang. Pembimbing, ( Dr. Rohmah Istikomah S. S, M. Pd. I) Kata Kunci: Metode Sosiodrama, Sikap Siswa. Metode pembelajaran adalah sebuah rancangan atau langkah-langkah yang di gunakan oleh seorang guru untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran merupakan penjabaran dari suatu penedekatan. Metode sendiri dapat juga dikatakan sebagai prosedur pembelajaran yang di fokuskan kepencapaian tujuan. Oleh karena itu, penggunaan metode sosiodrama sangat diperlukan dalam proses pembelajaran selain dapat membuat peserta didik semakin aktif, juga dapat membuat siswa menjadi lebih fokus terhadap guru yang sedang menjelaskan materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode sosiodrama terhadap sikap siswa peserta dalam pembelajaran akidah akhlak dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode sosiodrama terhadap sikap siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Mafatihul Huda Pujon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di Madrasah Tsanawiyyah Mafatihul Huda Pujon dengan jumlah populasi sebanyak 165 siswa. Data penelitian di dapatkan dari peyebaran angket/kosioner dengan skala liker yang jumlah respondennya diambil dari kelas 9. Dan cara pengambilan sample yakni dengan purposive sampling. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka dilakukanlah beberapa uji yakni: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana serta uji f (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian pada peneliti ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara metode sosiodrama terhadap sikap siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Mafatihul Huda Pujon. Diketahui bahwa F hitung = 186.318 dengan tingkat Sig. sebesar 0.001 < 0.05. Oleh karena itu, model regresi dapat dipakai untuk memprediksi adanya pengaruh variabel metode sosiodrama (X) terhadap variabel sikap siswa (Y). Karena nilai t hitung sebesar 17.866 > t table 13.650, tersebut tidak terdapat tanda negatif (-) di depan angka, hal ini berarti bahwasanya pelaksanaan metode sosiodrama ini terdapat pengaruh yang positif terhadap sikap siswa dalam pembelajaran akidah akhlak. besar pengaruhnya adalah sebesar 85% di pengaruhi oleh faktor lingkungan pendidik atau sekolah serta sisanya dipengaruhi oleh beberapa gfaktor yang tidak di teliti oleh peneliti sebesar 15%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | AHMAD NURHUDA 2018.77.01.1166 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 09:01 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:43 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/560 |
Actions (login required)
View Item |