Sistiadi, Joni (2023) RELEVANSI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI RAHMATAN LIL ‘ALAMIN DALAM KITAB ADĀB AL-‘ĀLIM WA ALMUTA’ALIM KARYA KH. HASYIM ASY’ARI DENGAN KURIKULUM MERDEKA. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (661kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (434kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (573kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (247kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (729kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (452kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (198kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (199kB) |
|
Text
Skripsi Full Joni Sistiadi (1977011487) 1 Lampiran.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (449kB) |
|
Text
Artikel Joni Sistiadi (1977011487) 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (534kB) |
Abstract
Sistiadi, Joni. 2023. Relevansi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Rahmatan Lil ‘Alamin dalam Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari dengan Kurikulum Merdeka. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Moh. Mansur Fauzi, M.Pd.I. Kata Kunci: Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, karena pada dasarnya manusia sebagai suatu individu harus mengembangkan semua potensi yang ada dengan baik. Fenomena perubahan kurikulum pendidikan yaitu kurikulum merdeka tidak cukup efektif untuk mengembangkan dan membentuk sikap dan karakter yang baik. Kemrosotan moral dan kenakalan kian mengkhawatirkan pada masa sekarang. Pada permasalahan tersebut, pendidik memiliki andil tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dengan memberikan pendidikan karakter. KH. Hasyim Asy’ari merupakan tokoh pendidikan Islam mencetuskan banyak pemikiran di dunia pendidikan khususnya pendidikan karakter dalam kitab karangan beliau yang berjudul Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim yang akan dipadukan peneliti dengan kurikulum merdeka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan karakter dalam Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari dan 2) Untuk mengetahui relevansi Kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian pustaka dengan jenis penelitian penelitian deskriptif (Descriptive research). Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku relevan, jurnal ilmiah, narasumber/ahli, dan internet. Teknik pengumpulan datanya diperoleh dari dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Konsep pendidikan karakter dalam kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari terbagi berdasarkan tiga bab yaitu adab pelajar kepada dirinya sendiri yang terdiri dalam 10 karakter, adab pelajar kepada guru yang terdiri dari 12 karakter, dan adab pelajar kepada pengajarannya yang terdiri dari 13 karakter. 2) Relevansi kitab Adāb Al-‘Ālim Wa Al-Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari dengan pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka terbagi berdasarkan sikap a) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia b) berbhinekaan global, c) Bergotong royong, d) Mandiri, dan e) Bernalar kritis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Joni sistiadi 1977011487 |
Date Deposited: | 13 May 2024 04:11 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:31 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/459 |
Actions (login required)
View Item |