Setyawan, Oky (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 MALANG. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (513kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (122kB) |
![]() |
Text
SAMPUL.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Lembaga pendidikan menjadi ruang strategis untuk menanamkan nilai moderasi, mengingat maraknya penetrasi paham radikal yang menyasar generasi muda. Laporan Maarif Institute, Setara Institute, dan Wahid Foundation menegaskan bahwa kalangan pelajar dan mahasiswa masih rentan terhadap pengaruh radikalisme.8 Karena itu, sekolah dan madrasah seharusnya menjadi arena pembelajaran multikultural, pendidikan kebangsaan, serta ruang untuk menumbuhkan sikap cinta damai. Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya, memiliki peran signifikan karena dapat menanamkan keimanan sekaligus membangun sikap toleran dan moderat dalam kehidupan berbangsa. SMAN 8 Malang memiliki siswa dari berbagai macam agama yang terletak di Jl Veteran 37 Kelurahan Sumbersari Kecamatan Lowokwaru Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat pada siswa di SMAN 8 Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama siswa di SMAN 8 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tekik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi; triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama siswa SMAN 8 Malang yaitu melalui a) tahapan; pengenalan, penerimaan dan pengintegrasian yang dilakukan ketika pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, b) pendekatan; pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, fungsional dan peneladanan yang bisa dilihat dari adanya berbagai kegiatan keagamaan dan materi pembelajaran toleransi dan menghargai agama lain, dan c) strategi; tradisional, bebas, reflektif dan trans-internal yang dilaksanakan oleh guru dengan pemberian nasehat untuk menghargai agama lain, pemberian kebebasan dalam mengikuti atau tidak pembelajaran PAI di kelas kepada siswa non-muslim, pelaksanaan pembelajaran secara partisipatif, serta memberikan keteladanan terkait moderasi beragama kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari. (2) nilai-nilai moderasi beragama di SMAN 8 Malang ditunjukkan melalui empat indikator, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal yang ditunjukkan dengan adanya upacara bendera, pendidikan pancasila dan bela negara, pembelajaran agama sesuai agama masing-masing siswa dan pemakaian baju adat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Oky Setyawan 2212120156 |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:04 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:04 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |