Salsabillah, Dissy Syafira (2024) Implementasi Marketing Mix Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Malang. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (237kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (57kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (113kB) |
Abstract
Globalisasi yang menuntut pendidikan untuk terus maju dan berkembang ternyata menyebabkan persaingan ketat di dunia pendidikan. Lembaga diharuskan memiliki manajemen pemasaran yang baik agar terus hidup dan berkembang. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan salah satunya adalah marketing mix. Marketing mix merupakan bauran dari unsur pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran secara efektif yang terdiri dari product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan procces. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Minat beli konsumen pendidikan di MIN 2 Kota Malang (2) Implementasi marketing mix dalam meningkatkan minat beli konsumen pendidikan di MIN 2 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Minat beli masyarakat terhadap MIN 2 Kota Malang cukup tinggi dengan tolak ukur lebih banyaknya pendaftar daripada yang diterima, (2) MIN 2 Kota Malang menerapkan ketujuh unsur marketing mix dalam pemasarannya, antara lain (a) Product yang ditawarkan yaitu berbagai macam program unggulan dan ekstrakurikuler, serta banyaknya prestasi yang telah diraih, (b) Price, penetapan harga di MIN 2 berdasarkan kebutuhan madrasah setiap tahun yang dimusyawarahkan oleh unsur pimpinan dan komite MIN 2 Kota Malang, (c) Place, lokasi MIN 2 dikatakan kurang strategis karena aksesnya yang cukup dalam, namun MIN 2 menawarkan lingkungan belajar yang luas dan nyaman, (d) Promotion yang dilakukan MIN 2 melalui media online (media sosial) dan media cetak (banner dan brosur) serta promosi secara mouth to mouth melalui wali murid, (e) People, MIN 2 Kota Malang memiliki 83 tenaga pendidik dan kependidikan serta karyawan yang terbagi atas 3 status, yakni ASN, Non ASN, dan kontrak. (f) Physical evidence, MIN 2 menawarkan fasilitas yang memadai dalam menunjang proses pembelajaran, salah satunya adalah telah terdapat IT board dan smart TV di setiap kelas. (g) Process, kegiatan belajar mengajar di MIN 2 dimulai pada pukul 06.30 hingga 14.00 kemudian ekstrakurikuler pada pukul 14.15 hingga 15.45. Pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan luar kelas (outing class)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | G Sosial > GB Pendidikan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dissy Syafira Salsabilla 207720154 |
Date Deposited: | 26 Apr 2025 02:46 |
Last Modified: | 26 Apr 2025 02:46 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |