Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Muhammad Fika Fadlul Ula, M.Fika.F (2023) STRATEGI LEMBAGA DALAM MENGEMBANGKAN METODE JIBRIL PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN BAHRUL MAGHFIROH KOTA MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (765kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)

Abstract

ABSTRAK Fika Muhammad F. 2022. Strategi Lembaga dalam Mengembangkan Metode Jibril pada Pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing: Zen Amrullah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Jibril. Strategi pengembangan suatu metode pembelajaran Al-Qur’an menjadi sangat penting dalam Pondok Pesantren karena efektivitas sebuah pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren salah satunya tergantung dari pengembangan metode pembelajaran Al-Qur’annya, yang dimaksud metode pembelajaran Al-Qur’an disini adalah metode Jibril. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pertama strategi lembaga dalam mengembangkan metode Jibril, kedua faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran Al-Qur’an metode Jibril di Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan studi kasus di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi serta pengamatan. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pola pikir induktif. Yang bertujuan untuk menganalisa data yang telah diperoleh dari objek lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori-teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Bentuk strategi lembaga dalam mengembangkan metode Jibril di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh adalah dengan dibaginya dua tingkat kelas, yakni; kelas iqra’ dan kelas binadhor yang mana pada kelas iqra’ menggunakan tahap tahqiq dalam metode Jibril dan memanfaatkan media belajar iqra’, sedangkan pada kelas binadhor menggunakan tahap tartil dalam metode Jibril dan memanfaatkan media belajar Juz ‘Amma. 2) Faktor yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran Al-Qur’an metode Jibril di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh keduanya terbagi menjadi dua faktor, yakni; faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung internal mencakup bakat, motivasi siswa, tingkat kecerdasan, dan usia yang cocok. Faktor pendukung eksternal mencakup ketersediaan guru, setting waktu yang tepat, dan lingkungan sosial yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat internal mencakup kurangnya minat dan bakat siswa, kurangnya motivasi siswa, banyak dosa dan maksiat, sering terganggunya kesehatan, dan rendahnya kecerdasan. Faktor penghambat eksternal mencakup cara guru menyampaikan materi, kemampuan ekonomi santri yang bermasalah, dan padatnya materi yang harus dipelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionNameNIDNEmail
CreatorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fika Fadlul Ula 2018.77.01.1120
Date Deposited: 21 Sep 2023 04:07
Last Modified: 12 Jul 2024 05:26
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item