Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Aulia, Shofia (2024) PENGARUH PROGRAM PEMBIASAAN PAGI TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTs AL-HIDAYAH DONOWARIH KARANGPLOSO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (616kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Shofia, Aulia.2024. Pengaruh Program Pembiasaan Pagi Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa MTs Al-Hidayah Donowarih Karangploso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikan Malang. Pembimbing, Dr. Nury Firdausia, M. Pd.I Kata Kunci: Pembiasaan, Program Pagi, Kecerdasan Emosional. Kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk menunjang siswa agar dapat memahami dan menerima setiap pembelajaran yang disampikan oleh guru. Diperlukan juga kecerdasa emosional untuk melengkapi dan menunjang proses pembelajaran. Keberhasilan dalam meingkatkan kecerdasan emosional pada siswa dalam suatu lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran guru, orang tua, serta lingkungan sekitar. Untuk menstimulus peningkatan kecerdasan emosional, perlu dilakukan keterpaduan antara pembentukan karakter melalui pembelajaran, manajemen sekolah, serta kegiatan-kegiatan penunjang seperti ekstrakuriler. Tentunya hal tersebut akan di susun ke dalam program-program kegiatan yang bersifat harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan dapat mencapai tujuan dalam mengidentifikasi dari varibel-varibel terkait, yaitu apakah terdapat pengaruh program pembiasaan pagi terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa di MTs Al-Hidayah Donowarih Karangploso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dari perhitungan random sampling, dari populasi yang berjumlah 600, penulis mendapatkan hasil sebanyak 85 responden, maka angket yang dibuat oleh penulis akan disebar kepada siswa-siswi MTs Al-Hidayah. Adapun teknik dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alfa Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan regresi linear sederhana, yang menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 23.0 for windows. Ditemukan hasil dari perhitungan untuk penelitian ini ialah, koefisien korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program pembiasaan pagi terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs Al-Hidayah. Hal ini diambil dari hasil nilai signifikan yang ditemukan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang bearti menunjukkan bahwa ditemukannya pengaruh dari program pembiasaan pagi terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs Al-Hidayah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
G Sosial > GA Pembelajaran
G Sosial > GB Pendidikan
D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: aulia shofia 2077011547
Date Deposited: 11 Dec 2024 05:31
Last Modified: 11 Dec 2024 05:31
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item