Pratama, Mochammad Adhetya Indra (2023) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS III SDN 1 MANGLIAWAN PAKIS. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
Bab I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (163kB) |
|
Text
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (105kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (61kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (91kB) |
|
Text
Artikel.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pratama, Mochammad Adhetya Indra, 2023. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly AL-Hikam Malang, “Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI Kelas III SDN 1 Mangliawan Pakis”, Dosen Pembimbing Handoko M.pd,. Kata Kunci : Implementasi, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Pendidikan Agama Islam Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang kompleks karena memuat banyak materi yang terdiri dari Al-Qur’an, Al- hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, dan Sejarah, Kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah. Hal ini tentu saja membuat para siswa merasa bosan dan kurang aktif dalam kegiatan belajar. Di SD Negeri 1 Mangliawan, lebih sering menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Model kooperatif Tipe Jigsaw diterapkan dengan tujuan untuk menuntut siswa bekerjasama dan aktif selama proses pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini juga akan mendorong guru dan peserta didik aktif dan kreatif sehingga diharapkan dapat tercapainya peningkatan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw mampu meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Dalam proses implementasinya terdapat faktor pendukung yaitu adanya interaksi siswa serta keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yaitu keberagaman siswa dalam mengerti materi pembelajaran serta adanya beberapa siswa yang sulit diatur selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mochammad Adhetya Indra Pratama 1977011408 |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 03:29 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 03:29 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/851 |
Actions (login required)
View Item |