SUSANTI, ELOK YUNI (2024) PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI KASUS PERUNDUNGAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH KOTA MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER & LAMPIRAN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (443kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (910kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (582kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (35kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (311kB) |
Abstract
Maraknya kasus perundungan di sekolah menarik perhatian para penyusun untuk mencari tahu sebab mengapa hal tersebut bisa terjadi. Di MI Al-Fattah sendiri perundungan memang sering terjadi dan menjadi perhatian khusus bagi pihak sekolah. Sehingga dari sini penyusun ingin mencari tahu tentang penyebab, kendala dan solusi dari pihak sekolah dalam menangani kasus tersebut. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui peran guru kelas dalam menangani kasus perundungan di MI Al-Fattah, 2) untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru kelas dalam menangani kasus perundungan yang terjadi di MI Al-Fattah, 3) untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru kelas dalam menangani kasus perundungan di MI Al-Fattah. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan reduksi, pengkategorian data, pengambilan data, dan penarikan kesimpulan apakah data yang diperoleh valid atau tidak dan sesuai atau tidak. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: 1. Guru kelas di MI Al-Fattah sudah menjalankan 5 peran guru yang di mana hal tersebut cukup untuk menjadi pegangan dalam menangani kasus perundungan. 2. Kendala yang menghadapi dalam menangani kasus perundungan ada 2 faktor yaitu faktor dari pihak sekolah dan pihak siswa itu sendiri. 3. Solusi yang dilakukan oleh guru tidak lepas dari peran orang tua, karena penanganan terbaiknya adalah apabila pihak sekolah dan guru bekerja sama dalam menanganinya. Berdasarkan penelitian tersebut dapat diketahui bahwa di MI Al-Fattah memang terjadi perundungan. Akan tetapi permasalahan perundungan tersebut diselesaikan dengan baik oleh pihak sekolah. Karena program yang dijalankan oleh pihak MI Al-Fattah bersifat terbuka dan mudah diterima oleh seluruh kalangan walimurid, dewan guru, dan siswa. melihat program yang digunakan memang belum semua sesuai dengan apa yang terdapat pada teori, tetapi dapat dikemukakan bahwa dalam menangani suatu kasus kenakalan siswa tidak harus menerapkan seluruh teori, tetapi bisa menggabung-gabungkan beberapa teori saja untuk memecahkan masalah.
Item Type: | Thesis (S1) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | B Karya Umum > B psikologi B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan G Sosial > GE Kepemimpinan |
||||||||
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Elok Yuni Susanti 207726140 | ||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:26 | ||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:26 | ||||||||
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/840 |
Actions (login required)
View Item |