Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

MUJAB, MUHAMMAD SYAIFUL (2022) MANAJEMEN PENGELOMPOKAN PESERTA DIDIK UNTUK MENGOPTIMALKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH INTEGRATIF NAHDLATUL ULAMA AL HIKMAH TUMPANG MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text (COVER)
Cover_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab 2_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab 3_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Bab 4_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
Bab 5_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. Daftar Pustaka_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (ARTIKEL)
Artikel MUJAB di Madrasah Aliyah Integratif[1]-+62 838-9238-9125_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Mujab. M. S. 2022. Implementasi Pengelompokan Peserta Didik untuk Mengoptimalkan Mutu Pendidikan di MA Integratif NU Al- Hikmah Malang. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing: Siti Mutholingah, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pengelompokan Peserta Didik, Mutu Pendidikan. Pengelompokan peserta didik adalah seperangkat rencana program dan kesepakatan untuk mewujudkan visi dan misi madrasah, dan proses atau prosedur yang digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan program pengelompokan peserta didik untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh madrasah. Dalam menerapkan program jurusan dalam pengelompokan peserta didik banyak upayaupaya yang harus dilakukan untuk mengatasi faktor-faktor yang menjadi penghambat seperti ketersediaan sumber daya, fasilitas, dan dukungan dalam mengelola program pengelompokan peserta didik ini agar sesuai dengan keinginan madrasah, wali murid dan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat, dan juga dampak pengelompokan peserta didik terhadap mutu pendidikan di MA Integratif NU Al-Hikmah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. pengumpulan data menggunakan metode wawancara observasi dan penggunaan dokumen (triangulasi). Hasil penelitian implementasi pengelompokan peserta didik di MA Integratif NU Al-Hikmah dimulai dengan pembentukan panitia penerimaan peserta didik baru di awal tahun ajaran. Rapat internal dipimpin oleh ketua panitia, melibatkan kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan anggota panitia. Rapat sosialisasi dilakukan untuk menginformasikan penerimaan peserta didik dan melakukan matrikulasi berdasarkan hasil tes dan wawancara dengan wali murid. Pelaksanaan program jurusan mematuhi perencanaan dengan matrikulasi dan pembagian kelas berdasarkan tes akademik dan wawancara. Peserta didik mengikuti program jurusan selama tiga tahun, sesuai dengan konsep manajemen yang mempengaruhi mutu madrasah. Evaluasi program jurusan dilakukan melalui rapat bulanan untuk berbagi informasi dan memberikan masukan agar program berjalan lancar. Dari evaluasi tersebut, disimpulkan bahwa implementasi pengelompokan peserta didik di MA Integratif NU Al-Hikmah telah berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GB Pendidikan
Depositing User: Muhammad saiful mujab 2018.77.20.100
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:56
Last Modified: 12 Jul 2024 04:45
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item