ALIMUNAH, NIA NAFISATUN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KONKRET PADA MATERI BANGUN RUNAG MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I DI MI TAHFIDZ BAITUR ROHMAN KECAMATAN TUMPANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (635kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (230kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (326kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (294kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (534kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Media konkret, bangun ruang, hasil belajar Keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada proses pembelajaran yang dialami oleh siswa. Terkait dengan upaya peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang, guru harus dituntut untuk menggunakan berbagai cara seperti metode, model pembelajaran dan media yang digunakan dalam penyampaian materi kepada siswa. Dan selama ini guru hanya dominan menggunakan media berupa buku paket. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode ceramah. Metode seperti ini cenderung monoton dan membosankan sehingga berpengaruh pada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan media konkret sehingga pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media konkret, pelaksanaan penggunaaan media konkret dan hasil belajar setelah menggunakan media konkret pada siswa kelas I. Dengan menggunakan media konkret hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini model siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Tahfidz Baitur Rohman. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap-tiap siklus diakhiri dengan tes sehingga diketahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan nilai dari17 siswa ada 16 siswa atau 94% siswa telah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai diatas 65. Sehingga penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi bangun ruang kelas I MI Tahfidz Baitur Rohman Tumpang
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan H Matematika > H Matematika |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NIA NAFISATUN ALIMUNAH 197726136 |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:06 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:12 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/520 |
Actions (login required)
View Item |