Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

ALIMUNAH, NIA NAFISATUN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KONKRET PADA MATERI BANGUN RUNAG MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I DI MI TAHFIDZ BAITUR ROHMAN KECAMATAN TUMPANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (635kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Media konkret, bangun ruang, hasil belajar Keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada proses pembelajaran yang dialami oleh siswa. Terkait dengan upaya peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang, guru harus dituntut untuk menggunakan berbagai cara seperti metode, model pembelajaran dan media yang digunakan dalam penyampaian materi kepada siswa. Dan selama ini guru hanya dominan menggunakan media berupa buku paket. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode ceramah. Metode seperti ini cenderung monoton dan membosankan sehingga berpengaruh pada keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka hal yang perlu dilakukan adalah menggunakan media konkret sehingga pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media konkret, pelaksanaan penggunaaan media konkret dan hasil belajar setelah menggunakan media konkret pada siswa kelas I. Dengan menggunakan media konkret hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini model siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Tahfidz Baitur Rohman. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap-tiap siklus diakhiri dengan tes sehingga diketahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan nilai dari17 siswa ada 16 siswa atau 94% siswa telah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai diatas 65. Sehingga penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi bangun ruang kelas I MI Tahfidz Baitur Rohman Tumpang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GA Pembelajaran
G Sosial > GB Pendidikan
H Matematika > H Matematika
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NIA NAFISATUN ALIMUNAH 197726136
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:06
Last Modified: 12 Jul 2024 05:12
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/520

Actions (login required)

View Item View Item