Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Aris Dzikrullah, Dzikrullah (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ MAZRO’ATUL ILMI TUNJUNGTIRTO SINGOSARI. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (358kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (283kB) | Request a copy

Abstract

TPQ merupakan lembaga pembelajaran yang berkonsentrasi untuk mengajarkan kepada anak didik mengenai cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Ditengah masyarakat TPQ merupakan wadah bagi pembentukan generasi islam yang qur’ani. Untuk itu keterlibatan dan partisipasi masyarakat (hususnya orang tua) dalam perkembangan TPQ Mazro’atul Ilmi sangat dibutuhkan demi terciptanya generasi penerus yang islami. Maka dari itu, penulis merasa tertarik untuk membahas lebih dalam dengan mengadakan penelitian dan dituangkan dalam skripsi dengan judul :“Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Di TPQ Mazro’atul Ilmi Tunjungtirto Singosari”. Fokus penelitian ini: 1. Untuk mendiskripsikan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Mazro’atul Ilmi Tunjungtirto Singosari. 2. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Mazro’atul Ilmi Tunjungtirto Singosari. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan melalui seleksi data, display data, verifikasi data dan kondensasi data. Menetapkan keabsahan data menggunakan credibility yang mencangkup perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan refrensial, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dalam kegiatan pembelajarannya juga terdapat strategi-strategi yang digunakan supaya dapat berjalan dengan efektif. Diharapkan dengan menggunakan metode Bil Qolam akan sangat membantu kemampuan bacaan santri, dikarenakan Bil Qolam adalah sebuah metode panduan praktis belajar membaca Al-Quran dengan susunan kata-kata Arabi yang dimulai dengan mengenal bunyi huruf mulai dari satu huruf, dua huruf dan tiga huruf sampai pada satu kata bahkan satu ayat, dengan menggunakan instrumen 4 lagu khas. Adapun dalam pembelajaran metode Bil Qolam adalah dengan talqin (guru menuntun siswa/memberi contoh), ittiba’ (siswa menirukan guru) & 'urdhoh (drill/pengulangan bacaan). Dengan pembelajaran yang diawali dengan contoh bacaannya oleh guru, siswa mengikutinya kemudian diadakan pengulangan-pengulangan yang waktu dan cara penerapannya disesuaikan dengan kondisi siswa dalam ruangan, dengan jumlah tertentu, dan berbasis pada kemampuan siswa dalam satu kelas. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran di TPQ Mazro’atul Ilmi adalah gedung yang representative, guru yang cukup banyak. Faktor penghambat adalah keterbatasan keilmuan ustdaz/ustadzah yang kurang, belum tersusunya kurikulum yang baku sehingga terkesan monoton, semangat belajar para santri yang kurang dan kurang maksimalnya partisipasi wali santri dalam mengontrol anaknya ketika berangkat ke TPQ.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus STAIMA AL-HIKAM
Date Deposited: 12 Jul 2024 05:50
Last Modified: 12 Jul 2024 05:50
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item