ISMI, FARIZINUL (2019) REPRESENTASI KEAKTIFAN GURU SEBAGAI PENDIDIK PADA KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al Barokah Malang). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (531kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (578kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (515kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (121kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kecerdasan spiritual yang kurang diperhatikan oleh pendidik dan orang tua karena mereka lebih mengutamakan prestasi belajar berupa nilai raport yang bagus atau intelektualnya saja. Selain pendidikan informal dari keluarga, pendidikan formal oleh pendidik atau guru juga memiliki peran aktif terhadap kecerdasan spiritual santri. Sebagai seorang guru yang memiliki peran aktif sebagai pendidik diharapkan dapat merepsentasikan kecerdasan spiritual santri. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al Barokah Malang (2) untuk mengetahui keaktifan guru di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al Barokah Malang. (3) untuk mendiskripsikan Representasi keaktifan guru pada kecerdasan spiritual santri dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data oleh peneliti yaitu dengan mencatan hasil lapangan, mengumpulkan dan memilah data mengklarifikasi, dan memikirkan makna, pola dan hubungan kemudian membuat temuan-temuan. Hasil penelitian dengan metode observasi, interview dan dokumentasi ini Adalah 1. kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al Barokah sudah sangat baik, terlihat dari sikap santri terhadap guru, teman danlingkungannya serta dalam pelaksanaan ibadahnya sehari-hari. 2.Keaktifan guru sangat beragam dan sudah sangat baik, yaitu melalui nasehat dan keteladanan. 3.Representasi keaktifan guru pada kecerdasan spiritual Santri di Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Al Barokah Malang yaitu adanya kesadaran untuk menutup aurat dengan memakai hijab dalam pembelajaran dan dilanjutkan setelah lulus, melakukan kegiatan beribadah tidak perlu untuk ditegur, adanya perubahan tingkah laku dari yang kurang baik menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:44 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:10 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/47 |
Actions (login required)
View Item |