ABSHOR, MUHAMMAD NAUFAL ULIL (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE AL MIFTAH DALAM MEMBACA KITAB KUNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS HIDAYATUL MUBTADI'IN SINGOSARI MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER + LAMPIRAN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (908kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (847kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (941kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (624kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (560kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (266kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Naufal Ulil Abshor, Muhammad. 2022. Implementasi Pembelajaran Metode Al Miftah Dalam Membaca Kitab Kuning Di SMP Plus Hidayatul Mubtadi'in Singosari Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Moh. Nadhif, M.Pd.I Kata Kunci : Metode Al-Miftah, Kemampuan Baca, Kitab Kuning Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Karena pendidikan menjadi kebutuhan setiap orang untuk memajukan peradaban. Ditinjau dari pesatnya perkembangan pendidikan saat ini maka perlu kiranya lembaga modern seperti Sekolah berbasis Islam tetap mempertahankan budaya membaca kitab kuning. Maka untuk mewujudkan kemampuan membaca kitab kuning, lembaga perlu menerapkan metode khusus dalam memahamkan dan mengajarkan siswa secara cepat dan efisien. Maka metode Al-Miftah sangat cocok untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in. Tujuan adanya penelitian ini yaitu memberikan peran untuk memperkaya wawasan keilmuan dalam ranah pendidikan. Hal tersebut dilihat dengan meningkatnya kemampuan dalam membaca kitab kuning dengan menggunakan metode Al-Miftah. Metode ini juga digunakan oleh pembaca maupun orang yang ingin mempelajari kitab kuning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Implementasi metode Al-Miftah di SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu perencanaan pembelajaran yang berisi menentukan tujuan pembelajaran, mengelompokkan siswa, jadwal pembelajaran, materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran; Pelaksanaan yang berisi pembuka kegiatan inti, dan penutup; Dan Evaluasi yang berisi ujian lisan dan ujian tulis. 2) Hambatan-hambatan yang mempengaruhi implementasi metode Al-Miftah di SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari yaitu keterbatasan waktu, lingkungan baik dari faktor internal dan eksternal, serta tathbiq. Solusi adanya hambatan itu yaitu penambahan waktu jam, menciptakan lingkungan yang mendukung, dan mengenalkan kitab kuning
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Naufal Ulil Abshor 2018.77.01.1228 |
Date Deposited: | 11 May 2024 01:18 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:22 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/451 |
Actions (login required)
View Item |