Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Abdullah Afif, Afif (2019) PELAKSANAAN DAN PROBLEMATIKA K-13 BAGI GURU PAI DI SMP DAARUL UKHUWWAH BAMBAN ASRIKATON PAKIS MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (651kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (939kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Perencaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI K-13 di SMP Daarul Ukhuwwah pada kelas VII telah menggunakan pendekatan saintifik sehingga menjadikan siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan pada kelas VIII, guru belum menggunakan K-13 dengan baik karena dalam pembelajaran guru hanya monoton menggunakan metode ceramah. Hal ini membuat siswa menjadi tidak aktif dan kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan pada permasalahan diatas, peneliti tertarik untuk membuat judul ”Pelaksanaan dan Problematika K-13 bagi Guru PAI di SMP Darul Ukhuwah Asrikaton Pakis Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum K-13 dan mendeskripsikan problematika guru PAI dalam penerapan K-13 dalam pembelajaran PAI di SMP Daarul Ukhuwwah Bamban Asrikaton Pakis Malang. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengambil tempat penelitian di SMP Daarul Ukhuwwah Bamban Asrikaton Pakis Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, kemudian penyajian data, dan ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ukhuwah Asrikaton Pakis Malang, pada kelas VII telah menerapkan metode saintifik sedangkan pada kelas VIII belum menerapkan metode saintifik. Dampak dari hal ini menyebabkan siswa tidak aktif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Problem Guru dalam penerapan K-13 pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ukhuwah Asrikaton Pakis Malang, antara lain: terbatasnya waktu, kesulitan guru dalam menggunakan metode yang dapat diterima siswa dan sesuai dengan Kurikulum 2013, terbatasnya guru pendidikan agama Islam di SMP Darul Ukhuwah Asrikaton Pakis Malang dan kurangnya wawasan yang dimiliki oleh guru agama terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan problem peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Darul Ukhuwah Asrikaton Pakis Malang, antara lain: Kurangnya minat siswa terhadap pendidikan agama Islam, perekonomian yang rendah pada sebagian besar wali murid dan siswa kurang bisa terhadap pendidikan agama Islam serta kurangnya kerjasama antar guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Depositing User: Perpus STAIMA AL-HIKAM
Date Deposited: 12 Jul 2024 05:46
Last Modified: 12 Jul 2024 05:46
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item