Roziqin, Achmad (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHU KITAB IRSYAD AL-TULLAB (STUDI KASUS KELAS XI DI MADRASAH ALIAH HIDAYATUL MUBTADI’IN TASIKMADU-MALANG). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (224kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (249kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (218kB) |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (822kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (198kB) | Request a copy |
Abstract
Problematika merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Dalam pembelajaran pasti ada. Salah satu pembelajaran di MA Hidayatul Mubtadi’in ada pembelajaran Ilmu nahu. Ilmu nahu merupakan salah satu disiplin ilmu dalam bahasa arab. Banyak kitab-kitab yang membahas tentang ilmu nahu salah satunya kitab irsyad al-tullab. Dalam kitab ini selama diajarkan di MA Aliah Hidayatul Mubtadi’in banyak fakta yang ada salah satunya hasil belajar yang kurang maksimal dan juga banyak yang belum bisa membaca pegon. Oleh karena itu dari konteks penilitian di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika Pembelajaran kitab Irsyad Al-Tullab di MA Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu,Malang. Fokus penelitian ini adalah problematika dan proses pelaksanaan pembelajaran kitab Irsyad Al-Tullab. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengkondensasian data, kemudian penyajian data, dan dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data, peniliti menggunakan cara, yaitu: memperpanjang waktu keikutsertaan peneliti di lapangan, meningkatkan ketekunan pengamatan, menggunakan bahan referensi yang tepat, dan tes tulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kitab irsyad al-tullab di MA Hidayatul Mubtadi’in dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Persiapan meliputi tujuan pembelajaran, materi/bahan ajar. Tahap pelaksanaan menyangkut waktu pembelajaran, pembagian kelas, model dan metode yang digunakan. Pada tahap evaluasi menggunakan tes tulis. Setelah mengetahui pelaksanaan dapat diketahui beberapa problematika pembelajaran : (1) latar belakang peserta didik, (2) tidak adanya perangkat pembelajaran, (3) sistem evaluasi yang kurang. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah : (1) bagi sekolah harus diadakan pembelajaran pegon karena kitab yang digunakan menggunkan kitab pegon, (2) bagi guru menggunakan perangkat pembelajaran sebagai acuan dalam proses pembelajaran dan menambah evaluasi dalam pembelajaran (3) bagi siswa lebih giatdan semanagat dalam belajar nahu karena sebagai penunjang pembelajaran bahasa arab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:14 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/36 |
Actions (login required)
View Item |