M. Hasani Mubarrok, Mubarok, Hasani M (2021) PENERAPAN METODE YANBU’A PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MTS MA'ARIF NU KOTA MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover (1).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
Bab I (1).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (485kB) |
|
Text
Bab II (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (411kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (175kB) |
Abstract
ABSTRAK Mubarrok, M. Hasani. 2021. Penerapan Metode Yanbu’a Pada Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Ma’arif NU Kota Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing: Handoko, M.Pd. Kata Kunci: Penerapan Metode Yanbu’a, Tahfidz Al-Qur’an Al-Qur’an merupakan kitab suci dengan membaca saja bernilai ibadah, terlebih lagi juga bisa menghfalkanya. Maka untuk bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik maka diperlukan metode yang tepat agar suatu tujuan tersebut bisa tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan metode yanbu’a pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di Mts Ma’arif NU Kota Malang. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Yanbu’a pada pembealjaran tahfidz Al-Qur’an di Mts Ma’arif NU Kota Malang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mts Ma’arif NU Kota Malang telah menerapkan Metode Yanbu’a pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an sebagai bentuk implementasi kurikulum muatan lokal dan juga sebagai visi misi sekolah. Berdasarkan penelitian di lapangan peneliti memperoleh temuan-temuan antara lain indikator keberhasilan suatu metode tersebut, menentukan penanggung jawab pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, menetapakan alokasi waktu, penilaian pemebelajaran tahfidz Al-Qur’an, transformasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an masa pandemi, dan juga hasil metode Yanbu’a pada pemebelajaran tahfidz Al-Qur’an. Penerapan Metode Yanbu’a pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dapat terlaksana dengan baik karena adanya faktor pendukung dari lingkungan bealajar yang baik dan tenang, sekolah berbasis madrasah, perhatian guru dan juga dukungan dari orang tua saat dirumah. Didalam melaksanakan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an tersebut juga ada faktor yang menghambat diantaranya perbedaa kemampuan hafalan, rasa malas, hari libur semester, dan ada juga yang kurang perhatian dari keluarga.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. Hasani Mubarrok 2017.77.01.891 |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:40 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:16 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/350 |
Actions (login required)
View Item |