Arsy, Nadzir Habibul (2022) REPRESENTASI MINAT MENJADI GURU DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STAI MA'HAD ALY AL-HIKAM MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (286kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (160kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (123kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (330kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (139kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (127kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (83kB) |
Abstract
Guru adalah pahlawan pendidikan dan memiliki jasa yang besar bagi masyarakat luas, dan hingga saat ini peran guru masih menjadi elemen penting dalam masyarakat, sehingga keberadaan guru sangat penting. Dalam dunia perkuliahan sangat banyak program studi keguruan, sehingga minat mahasiswa untuk menjadi guru harus semakin tumbuh agar kualitas guru semakin baik, dan kualitas tersebut hanya bisa didapatkan jika mahasiswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan minat mahasiswa menjadi guru dan implikasinya terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Ma’had ‘Aly Al-Hikam Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, pengumpulan data berupa wawancara dengan mahasiswa. Hasil penelitian bahwa: 1) Implikasi Minat menjadi guru terhadap motivasi belajar dapat peneliti simpulkan bahwa minat mahasiswa untuk menjadi guru dapat berimplikasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. hal ini dibuktikan dengan komitmen mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu dan kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan. 2) Implikasi Minat menjadi guru terhadap motivasi belajar dapat peneliti simpulkan bahwa minat mahasiswa untuk menjadi guru dapat berimplikasi terhadap motivasi belajar mahasiswa meskipun tidak signifikan. hal ini dibuktikan dengan komitmen mahasiswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu dan kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan, tetapi untuk aspek mempersiapkan materi dan mempelajari materi yang akan diajarkan dosen pengampu pada kelas perkuliahan, mahasiswa masih belum menunjukkan kegigihannya dalam aspek tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Nadzir Habibul Arsy 2018.77.01.1067 |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 03:37 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:29 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/347 |
Actions (login required)
View Item |