Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

nurkholis, muhammad (2022) DESAIN PENDIDIKAN HATI IMAM AL-GHAZALI SERTA URGENSITASNYA BAGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (639kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nurkholis, Muhammad. 2022. Desain pendidikan Hati prespektif Imam Al-Ghazali serta urgensitas bagi Pendidikan Agama Islam . Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-ikam Malang. Pembimbing: Dr. Rosidin, M.Pd. Kata kunci : Desain Pendidikan Hati, Urgensitas, Pendidikan Agama Islam Pendidikan hati merupakan sebuah model pendekatan yang agaknya telah lama ada dalam tubuh Islam. Dengan merujuk pada tujuan dari Nabi Muhammad diutus ke muka bumi, yakni menyempurnakan tatakrama kehidupan, maka kita akan menemukan bahwa tujuan tersebut memerlukan sebuah integritas tinggi pada diri seorang manusia. integritas tersebut, diperoleh ketika seorang manusia memiliki keterampilan dalam mengolah dimensi metafisik seorang manusia dengan menautkan relasi pada sifat-sifat ketuhanan. Namun, keberadaan pendidikan hati, dalam tubuh Islam, belum terdokumentasikan secara sistematis. Imam Al-Ghazali merupakan salah satu tokoh yang menyadari akan hal tersebut, melakukan upaya untuk memotret desain dari pendidikan hati. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan desain pendidikan hati yang telah Imam Al-Ghazali racik dalam kitabnya Ihya’ ulumu al-Din. Kitab yang dikarang oleh Imam Al-Ghazali tersebut merupakan kitab yang dalam pengakuannya memang bertujuan untuk menunjukkan adanya keterkaitan antara produk sains Islam dengan dimensi ontologis yang berlokasi pada hati. Dengan demikian, urgensitas dari desain pendidikan hati yang telah imam alghazali racik setidaknya perlu juga untuk dilihat siginifikansinya bagi Pendidikan Agama Islam yang diakui atau tidak, mulai tergerus oleh pendekatan model pendidikan modernisme global. Karenanya penilitian ini adalah penelitian jenis kepustakaan yang mengacu pada dokumentasi secara mendalam pada karya Imam Al-Ghazali di dalam kitab Ihya’ Ulumu al-Din sebagai sumbert utamanya dan kitab-kitab beliau yang lain sebagai sumber sekunder yang memiliki fokus terhadap integrasi sains Islam dan dimensi ontologis. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa desain pendidikan hati dalam prespektif Imam Al-Ghazali adalah upaya untuk memberi kesadaran fungsional pada hati seorang manusia dengan pembiasaan perilaku; baik kepada sesama manusia meupun kepada Tuhan yang dibenarkan oleh epistemologi Islam. Output dari pendidikan hati nantinya akan menjadi pendeketan terbarukan bagi pengembangan kurikulum atau menjadi sebuah instrumen yang tidak terpisahkan dari landasan filosofis pengembangan kurikulum dan juga bagi kelembagaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhamad Nurkholis 2017.77.01.1064
Date Deposited: 29 Feb 2024 05:33
Last Modified: 12 Jul 2024 04:56
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item