Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Al-Kirom, Ahmad Zubair (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KOMPETENSI AFEKTIF SISWA DI SMPI NURUL HUDA PAJARAN PONCOKUSUMO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
bab I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting karena dengan adanya pembelajaran PAI secara optimal diharapkan para guru PAI dapat menyalurkan ilmu agama Islam dan membentuk karakter peserta didik. Disamping itu, pendidikan agama Islam mempunyai tujuan untuk mengembangkan segala aspek dalam diri siswa secara seimbang. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini membahas tentang Implementasi, dampak, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi kompetensi afektif siswa di SMPI Nurul Huda Pajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian di SMPI Nurul Huda Pajaran Poncokusumo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan kredibelitas yang mencakup perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil analisis menunjukkan pertama, bahwa implementasi pembelajaran PAI di SMPI Nurul Huda Pajaran sudah baik, mulai dari persiapan pembelajaran, proses pembelajaran sampai diakhir pembelajaran. Kedua, dampak implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan kompetensi afektif siswa yang dimunculkan dengan penerapan pembelajaran tersebut oleh para peserta didik pada kehidupan sehari-hari. Ketiga, factor pendukung proses pembelajaran tersebut diantaranya factor lingkungan yang berbasis pesantren, siswa yang bercampur antarasiswa kampung dan siswa dari pondok pesantren dan guru yang berkompeten. Sedangkan faktor penghambat diantaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya waktu pembelajaran dan pergaulan dengan temannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus STAIMA AL-HIKAM
Date Deposited: 07 Sep 2023 06:43
Last Modified: 12 Jul 2024 03:53
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item View Item