Al-Kirom, Ahmad Zubair (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM PEMBENTUKAN KOMPETENSI AFEKTIF SISWA DI SMPI NURUL HUDA PAJARAN PONCOKUSUMO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
bab I.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (476kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (112kB) |
|
Text
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (286kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (358kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat penting karena dengan adanya pembelajaran PAI secara optimal diharapkan para guru PAI dapat menyalurkan ilmu agama Islam dan membentuk karakter peserta didik. Disamping itu, pendidikan agama Islam mempunyai tujuan untuk mengembangkan segala aspek dalam diri siswa secara seimbang. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini membahas tentang Implementasi, dampak, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi kompetensi afektif siswa di SMPI Nurul Huda Pajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil tempat penelitian di SMPI Nurul Huda Pajaran Poncokusumo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, dan akhirnya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan kredibelitas yang mencakup perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil analisis menunjukkan pertama, bahwa implementasi pembelajaran PAI di SMPI Nurul Huda Pajaran sudah baik, mulai dari persiapan pembelajaran, proses pembelajaran sampai diakhir pembelajaran. Kedua, dampak implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan kompetensi afektif siswa yang dimunculkan dengan penerapan pembelajaran tersebut oleh para peserta didik pada kehidupan sehari-hari. Ketiga, factor pendukung proses pembelajaran tersebut diantaranya factor lingkungan yang berbasis pesantren, siswa yang bercampur antarasiswa kampung dan siswa dari pondok pesantren dan guru yang berkompeten. Sedangkan faktor penghambat diantaranya sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya waktu pembelajaran dan pergaulan dengan temannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:53 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/33 |
Actions (login required)
View Item |