Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

AFIFURROHMAN, MUHAMMAD (2019) EKSKLUSIVISME PENDIDIKAN (STUDI KASUS DI SMK AT-THOLIBIYAH BUMIJAWA TEGAL). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)

Abstract

Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan yang seharusnya menanamkan nilai toleransi, demokratis, tidak diskriminatif dan menjunjung HAM akhir-akhir ini sering dibenturkan dengan issue-issue radikalisme, mulai dari doktrin pemahaman keagamaan sampai peraturan dari lembaga sekolah yang dianggap oleh sebagian kalangan akan membentuk karakteryang eksklusif bagi anak didiknya, tidak terkecuali SMK At-Tholibiyah yang memberlakukan peraturan bercadar bagi para siswinya. Terlepas dari pro-kontra peraturan tersebut, skripsi ini difokuskan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk eksklusivisme pendidikan di SMK At-Tholibiyah dan sikap guru maupun siswa terhadap peraturan yang eksklusif tersebut. Skripsi ini merupakan laporan hasil penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus yang mengambil tempat penelitian di SMK AT-Tholibiyah Bumijawa Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, kemudian penyajian data, dan akhrinya dari data yang telah disusun tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas yang mencakup Triangulasi, pengecekan teman sejawat, perpanjangan dan waktu pengamatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1) Eksklusivisme pendidikan di SMK At-Tholibiyah berbentuk peraturan bercadar bagi siswi-siswinya, hal ini bertentangan dengan Permendikbud No 45 Tahun 2014 tentang ketentuan seragam sekolah, peraturan yang dilatarbelakangi oleh pihak yayasan pesantren untuk mencegah pergaulan bebas justru mendapat teguran dari kemendikbud karena dikhawatirkan dikaitkan dengan issue radikalisme, teguran ini kemiduan menghasilkan win-win solution yang sampai sekarang masih dilakukan, yaitu boleh bercadar selain dalam proses pembelajaran dikelas, dan ruang guru, 2) Sikap guru maupun siswa sangat menghargai peraturan tersebut karena termasuk peraturan dari pihak pesantren. Adapun sikap mereka terhadap lingkungan sosial diluar sekolah dan pesantren tidak serta merta bersikap eksklusif karena mendapat pemberlakuan yang eksklusif dari sekolah, mereka tetap menerima masukan dan pendapat orang lain termasuk dari kemendikbud, wali murid maupun teman sebaya, hal ini yang diharapkan dari pihak sekolah, dengan terus berusasha meminimalisir dampak dari eksklusivisme pendidikan dengan rutin mengkomunikasikan berbagai masalah siswa disekolah dengan pihak pesantren, selain juga dibekali pemahaman keagamaan yang moderat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GB Pendidikan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpus STAIMA AL-HIKAM
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:17
Last Modified: 16 Jul 2024 02:12
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item View Item