Andawiyah, Rabiatul (2023) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD ISLAM TERPADU MUTIARA HATI MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover dan Lampiran.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (645kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (669kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (394kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (916kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (459kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (324kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (427kB) | Request a copy |
|
Text
Artikel Skripsi Rabiatul Andawiyah.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (370kB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman serta petunjuk hidup umat manusia. Dalam meningkatkan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, perlu adanya pembelajaran Al-Qur’an tanpa memandang usia, jika menggunakan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah dan aturannya akan terhindar dari kesalahan membaca dan memahaminya dengan baik. Salah satunya dengan metode Ummi menggunakan sebuah pendekatan bahasa ibu yang hakikatnya ada tiga unsur yaitu, metode langsung, diulang-ulang dan kasih sayang tulus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi lapangan dan penyajian data secara deskriptif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Adapun tujuan penelitian ini : 1) Untuk mengetahui implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al Quran di SD Islam Terpadu Mutiara Hati Malang, 2)Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi di SD Islam Terpadu Mutiara Hati Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Islam Terpadu Mutiara Hati Malang sudah berjalan secara legal dan formal mulai tahun 2017. Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi menggunakan 2 metode yaitu Klasikal atau Baca Simak. Selain pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi dari Jilid 1-6, terdapat kelas lanjutan Al-Qur’an dan Turjuman. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya guru, setiap 2 bulan ada pembinaan untuk guru pengajar Al-Qur’an metode Ummi ; 2) Faktor Pendukung antara lain adanya catatan perkembangan siswa, adanya evaluasi dan ujian setelah pembelajaran, lingkungan keluarga dan masyarakat yang mendukung, adanya pembelajaran di rumah seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an, adanya sarana prasarana yang menunjang pembelajaran Al-Qur’an; Faktor Penghambat antara lain masih terdapat siswa yang kurang fokus dan ramai sendiri saat pembelajaran, kondisi lingkungan rumah yang kurang mendukung, masih ada beberapa guru yang belum tersertifikasi Ummi sehingga perlu ditingkatkan lagi untuk kualitas sumber daya manusia.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rabiatul andawiyah 1977011492 |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 00:49 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:34 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
View Item |