Sa'diyah, Halimatus (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, TEMAN SEBAYA DAN SMARTPHONE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs AL-FAQIH PAKIS KABUPATEN MALANG. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
cover,lampiran dan riwayat hidup.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB I....pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (374kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (313kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (472kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (179kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (97kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar pustaka fix.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
202120021_Halimatus Sa'diyah_Artikel_Pdf.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (236kB) |
|
Text
202120021_Halimatus Sa'diyah_Artikel_Pdf.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (256kB) |
Abstract
Sa’diyah, Halimatus. 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya dan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Al-Faqih Pakis Kabupaten Malang. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Dr. Umi Salamah, M. Pd. I dan Dr. Mufarrihul Hazin, M. Pd Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Smartphone, Motivasi Belajar. Kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak yang harus dipenuhi untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan. Adapun peningkatan pendidikan dimulai dari adanya motivasi belajar yang tinggi dari peserta didik, untuk kami mencoba mencari solusi peningkatan motivasi peserta didik baik dari faktor internal maupun eksternal. Adapun tujuan dalam penelitian ini diantaranya: 1). Untuk menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa MTs Al-Faqih Pakis Kabupaten Malang 2).Untuk menjelaskan pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa MTs Al-Faqih Pakis Kabupaten Malang 3). Untuk menjelaskan pengaruh smartphone terhadap motivasi belajar siswa MTs Al-Faqih Pakis Kabupaten Malang 4). Untuk menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga, teman sebaya dan smartphone secara bersama- sama terhadap motivasi belajar siswa MTs Al-Faqih Pakis Kabupaten Malang Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitiannya yaitu seluruh siswa MTs Al-Faqih Pakis Kabupaten Malang yang berjumlah 110 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling dan didapatkan sampel sebanyak 86 siswa. Teknik pengambilan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji T, dengan data taraf signifikansi 5% diperoleh variabel lingkungan keluarga memiliki nilai t_hitung sebesar 2,108 dengan signifikansi sebesar 0,038, variabel teman sebaya memiliki nilai t_hitung sebesar 2, 456 dengan signifikansi sebesar 0,016, dan variabel smartphone memiliki nilai t_hitung sebesar 0,836 dengan signifikansi sebesar 0,406. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji F, diperoleh f_hitung sebesar 6,752, nilai ini lebih besar dari f_tabel (6,752 > 2,71) dan nilai sig. F (0,000) lebih kecil dari α (0,05). Dengan demikian berdasarkan analisis dari uji parsial (uji T) dan uji simultan (uji F) tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel lingkungan keluarga dan variabel teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi belajar, sedangkan variabel smartphone kurang begitu berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar. Serta secara simultan, variabel lingkungan keluarga, teman sebaya dan smartphone memiliki pengaruh terhadap variabel motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | G Sosial > GB Pendidikan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Halimatus Sa'diyah 202120021 |
Date Deposited: | 30 Dec 2023 00:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:08 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/207 |
Actions (login required)
View Item |