Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

ANIKHA, LAILATUL UMMA (2023) TRANSFORMASI PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF NEO MODERNISME DI PONDOK PESANTREN NURUL HIDAYAH JERU TUMPANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (471kB)
[img] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (888kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Umma, Anikha Lailatul. 2023. Transformasi Pendidikan Perempuan Dalam Perspektif Neo Modernisme Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jeru Tumpang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang. Pembimbing: Laily Abida S.Psi.,M.Psi.,Psikolog. Kata Kunci: Transformasi, Pendidikan Perempuan, Neo Modernisme. Budaya patriarki yang telah mengakar dalam benak masyarakat Indonesia seakan membatasi ruang gerak perempuan dalam ranah publik. Hadirnya pesantren Nurul Hidayah Jeru Tumpang berusaha untuk mencetak generasi perempuan yang unggul dan berdaya saing melalui program pendidikan pesantren. Pesantren tersebut berusaha untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan agar terbebas dari bias gender. Hal tersebut ditempuh dengan cara melakukan transformasi pendidikan perempuan pesantren meski tanpa mengenyam pendidikan formal diluar pesantren. Transformasi yang dilakukan pesantren tersebut menggunakan prinsip Neo Modernisme, maksudnya adalah tetap mempertahankan tradisi yang baik dan tetap menginovasikan hal baru yang lebih baik. Sehingga pesantren tersebut dapat tetap survive ditengah gempuran model full day schooll maupun boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bentuk-bentuk transformasi pendidikan perempuan di pondok pesantren Nurul Hidayah dalam perspektif Neo Modernisme, (2) menganalisis implementasi transformasi pendidikan perempuan di pondok pesantren Nurul Hidayah dalam perspektif Neo Modernisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi lapangan. Adapun teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, confirmability, triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) bentuk - bentuk transformasi pendidikan perempuan di pondok pesantren Nurul Hidayah Jeru Tumpang dalam perspektif Neo Modernisme ditunjukkan dengan adanya transformasi kurikulum, transformasi metode pembelajaran, transformasi infrastruktur. (2) Implementasi pendidikan perempuan di pondok pesantren Nurul Hidayah Jeru Tumpang dalam perspektif Neo Modernisme ditempuh dengan langkah-langkah berikut : perencanaan awal tahun ajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, laporan capaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANIKHA LAILATUL UMMA 1977011375
Date Deposited: 09 Dec 2023 03:49
Last Modified: 12 Jul 2024 05:13
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item