Rizqiyah, Lina Fi'atir (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALIMAT MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (907kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (461kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (451kB) |
Abstract
Motivasi belajar siswa adalah salah satu usaha, dorongan atau perubahan tingkah laku yang dimiliki siswa dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) untuk mencapai hasil yang diinginkan. Terdapat permasalahan pada motivasi belajar siswa yang sebagian pasif dan aktif, belum antusias dalam proses pembelajaran, pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak yang ditempatkan di akhir jam sekolah, sehingga motivasi belajar siswa yang kurang greget dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan uraian tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah: a) Proses Penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Mu’alimat Malang. b) Hasil Penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Mu’alimat Malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses Penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Mu’alimat Malang dan mendeskripsikan hasil Penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Mu’alimat Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis studi Kasus (Case Studie). Adapun metode pegumpulan data dengan menggunakan Triangulasi (wawancara, Observasi, Dokumentasi). Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses Penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Muallimat Malang dilakukan dengan melalui empat tahapan (Tahap Perencanaan, Tahap Persiapan, Tahap Penyajian Kelas, Tahap Evaluasi) dan enam sintak (Stimulation, Problem Statement, Data Collection, Data Processing, Verification, Generalization), (2) Hasilnya adalah Meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, Meningkatkan keantusiasan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung, Berperan aktif dalam proses pembelajaran, Mengeksplorasi pengetahuan yang terkait dengan materi pembelajaran, ) Hasil belajar siswa yang hampir 80% memenuhi KKM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lina Fi'atir Rizqiyah 2177011792 |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:42 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:42 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1681 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |