Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Hidayatulloh, Muhammad Faris (2024) IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB KUNING DALAM PROGRAM UNGGULAN DI MTS TRIBAKTI SINGOSARI. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (234kB)

Abstract

Dengan perubahan zaman dan dinamika sosial yang terus berkembang, keberlangsungan pemahaman dan praktik kitab kuning dikalangan generasi muda, khususnya di lingkungan sekolah, membutuhkan pemahaman dan perhatian yang mendalam. Bahkan pemahaman kitab kuning sendiri saat ini sering dijumpai hanya di pondok pesantren, dan tempat-tempat yang notabene hanya memang berfokus mengajarkan pemahaman kitab kuning itu sendiri. Madrasah Tsanawiyah adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan dengan kekhasan agama Islam. Maka dalam hal ini Madrasah Tsanawiyah merupakan salah satu tempat yang paling cocok dan perlu untuk mengembangkan dan mengajarkan isi kandungan dari kitab kuning itu sendiri salah satunya adalah Madrasah Tsanawiyah Tribakti Singosari. Meski pembelajaran ini telah berjalan 13 tahun, Penelitian ini penting dilakukan untuk mengukur sejauh mana pembelajaran ini berjalan secara efektif dalam menggali potensi diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran kitab kuning dalam program unggulan di MTs Tribakti Singosari, dan 2) untuk mengetahui dampak dari pembelajaran kitab kuning dalam program unggulan di MTs Tribakti Singosari. Penilitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara kondensasi data, kemudian dilakukan penyajian dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran kitab kuning dalam program unggulan di MTs Tribakti Singosari berjalan dengan baik dan efektif, terdapat tiga tahap dalam penerapan pembelajaran kitab kuning dalam program unggulan di MTs Tribakti Singosari, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi, 2) Dampak dari pembelajaran kitab kuning dalam program unggulan di MTs Tribakti Singosari dinilai baik dan positif bagi peserta didik, karena peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan dan sikap, baik secara spesifik maupun secara operasional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GA Pembelajaran
D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD FARIS HIDAYATULLOH 2077011518
Date Deposited: 20 Sep 2025 04:42
Last Modified: 20 Sep 2025 04:42
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item