Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Anggraini, Fidya Putri (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF MENGGUNAKAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 3 MI AL-HIDAYAT PAKIS. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB)
[img] Text
Bab II.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
Bab VI.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar pustaka.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (348kB)

Abstract

Kurikulum 2013 dalam pendekatan belajar mengajarnya menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu (integrated instruction) yang merupakan sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa, baik secara individu maupun kelompok untuk secara aktif menggali dan menemukan konsep dan prinsip ilmiah secara holistik, bermakna, dan otentik. Namun, banyak para pendidik dalam penyampaian materi pembelajaran tematik yang masih kuno dengan mengandalkan buku sebagai pegangan dan monoton. Hal ini membuat siswa kehilangan motivasinya untuk belajar tematik. Memperlihatkan hal itu, maka diperlukan suatu media untuk pembelajaran tematik yang dapat membuat siswa aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar tematik adalah wordwall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) perencanaan media pembelajaran berbasis wordwall siswa kelas 3 di MI Al-Hidayat Pakis pada mata pelajaran tematik, 2) pelaksanaan media pembelajaran berbasis wordwall siswa kelas 3 di MI AlHidayat Pakis pada mata pelajaran tematik, 3) hasil dari peningkatan motivasi pada siswa kelas 3 di MI Al- Hidayat Pakis pada mata pelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hidayat Pakis Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 3, dan siswa kelas 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan peneliti dan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perencanaan penerapan media wordwall dilakukan oleh guru dengan membuat RPP, menyiapkan materi, dan membuat wordwall; 2) pelaksanaan penerapan media wordwall meliputi kegiatan pembuka, inti, dan penutup; 3) hasil dari penerapan media wordwall ini adalah membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > G Kurikulum
G Sosial > GA Pembelajaran
G Sosial > GB Pendidikan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fidya putri anggraini 207726159
Date Deposited: 12 Sep 2025 00:42
Last Modified: 12 Sep 2025 00:42
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1648

Actions (login required)

View Item View Item