Nadiroh, Robiatin Alvin (2021) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV DI ERA NEW NORMAL DI MI MASYHARIYAH KEBONTEMU PETERONGAN JOMBANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
cover_1.pdf Download (388kB) |
|
Text
kata pengantar_1.pdf Download (490kB) |
|
Text
daftar isi_1.pdf Download (340kB) |
|
Text
Bab 1_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (447kB) |
|
Text
Bab II_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (549kB) |
|
Text
Bab III_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (470kB) |
|
Text
Bab IV_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (443kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan munculnya wabah covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran di sekolah ditiadakan untuk sementara dan dirubah menggunakan pembelajaran secara online. Pada mata pelajaran yang materinya tidak hanya membutuhkan teori saja, melainkan juga membutuhkan praktek. Sehingga dalam menggunakan pembelajaran online kurang efektif. Setelah adanya era new normal, Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran mengenai kebijakan untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah dengan syarat tertentu. MI Masyhariyah Kebontemu menggunakan kebijakan tersebut sebagai acuan dalam menerapkan model blended learning. Penerapan blended learning digunakan untuk mengatasi permasalahan pada pembelajaran online terutama untuk pembelajaran Fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan penerapan dalam menggunakan model blended learning pada mata pelajaran Fikih di era new normal. Metode penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus. Kemudian untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model blended learning dilakukan dengan sitematis dari merencanakan waktu, lokasi, materi, metode, media, langkahlangkah pembelajaran, dan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran); 2) Penerapan model blended learning di MI Masyhariyah Kebontemu dapat peneliti simpulkan berlangsug dengan baik. Kata kunci: Blended Learning, Fikih, New Normal
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 03:24 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:18 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/16 |
Actions (login required)
View Item |