husna, Asmaul (2025) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU PAKIS. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 2 .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4 .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6 .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Husna, Asmaul.2025 Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP NU Pakis, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing, Zainul Arifin, M.Pd. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, P5. SMP NU Pakis telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar dalam melaksanakan kegiatan belajar nengajar. Kurikulum Merdeka Belajar ini sebagai bagian dari komitmen dalam mewujudkan pendidikn yang lebih fleksibel, relevan, dan berorientasi pada kebutuhan siswa. Kurikulum ini merupakan bentuk komitmen sekolah dalam mendukung kebijakan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP NU Pakis. Kurikulum Merdeka Belajar merupakan pendekatan baru dalam pendidikan Indonesia yang menekankan pada kebebasan belajar, diferensiasi pembelajaran, dan penguatan karakter peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analiis data melalui tahapan kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SMP NU Pakis 1) Dilakukan secara bertahap dimulai dari kelas VII, VIII, hingga IX. Guru-guru telah melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan aktif mengikuti workshop. Pelaksanaan pembelajaran PAI mencakup kegiatan pembuka, inti, dan penutup yang disesuaikan dengan prinsip Kurikulum Merdeka. 2) Namun, ditemukan pada modul ajar guru yang belum sepenuhnya selaras dengan capaian pembelajaran (CP) pada Fase D. Serta ketidak sesuaian antara sarana prasarana yang tercantum dalam modul ajar dengan kondisi nyata di lapangan. Evaluasi Pembelajaran yang dilakukan guru PAI yakni Penilaian Sumatif dan Formatif kombinasi kedua metode bertujuan tidak hanya dinilai berdasarkan kognitifnya saja tetapi juga melalui partisipasi aktif dalam proses belajar mengajar. Selain itu, sekolah juga melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema pendalaman praktik ibadah sholat sebagai bentuk penguatan nilai-nilai religius. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun implementasi Kurikulum Merdeka di SMP NU Pakis sudah berjalan, namun masih diperlukan upaya penyempurnaan dalam hal perencanaan, sarana prasarana, dan penyesuaian perangkat ajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Asmaul khusnah 2177011784 |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:49 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:49 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |