Ainy, Nur (2022) IMPLEMENTAS METODE EJA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 DI SD ISLAM TERPADU IQRO KARANGPLOSO MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
SKRIPSI_2018.77.26.086_NUR AINY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
COVER_2018.77.26.086_NUR AINY-1-17.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (461kB) |
|
Text
BAB 1_2018.77.26.086_NUR AINY-18-42.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (466kB) |
|
Text
BAB 2_2018.77.26.086_NUR AINY-43-62.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (345kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3_2018.77.26.086_NUR AINY-63-82.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (398kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4_2018.77.26.086_NUR AINY-83-97.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (298kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5_2018.77.26.086_NUR AINY-98-100.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_2018.77.26.086_NUR AINY-101-102.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL_2018.77.26.086_NUR AINY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (281kB) |
Abstract
Sekolah Dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan formal pertama bagi siswa. Pendidikan pada tingkat SD menjadi fondasi awal bagi siswa dan menjadi dasar belajar untuk pendidikan selanjutnya. Keterampilan membaca dan menulis merupakan landasan utama bagi siswa untuk menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Akan tetapi masih terdapat beberapa siswa di kelas 1 SD yang belum mempunyai keterampilan membaca dan menulis. Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran membaca dan menulis adalah metode eja. Metode eja dirasa sangat cocok digunakan dikarenakan, metode eja memperkanalkan huruf dan fonem terlabih dahulu. Tujuan penelitian meliputi, pertama untuk mengetahui implementasi metode eja yang digunakan guru dalam menumbuhkan minat belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Iqro Karangploso Malang. Kedua untuk mengetahui hasil implementasi metode eja dalam menumbuhkan minat belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SD. Ketiga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode eja untuk menumbuhkan minat belajar membaca dan menulis pada siswa kelas 1 SD. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di SD Islam Terpadu Iqro Karangploso Malang. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, guru kelas 1 dan siswa kelas 1 SDIT Iqro. Sumber data penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengujian keabsahan datanya menggunakan perpanjangan pengamatan serta triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa, pertama dalam penerapan metode eja digunakan untuk siswa yang belum bisa membaca dan menulis dengan langkah awal memperkenalkan huruf terlebih dahulu. Kedua hasil dari penerapan metode eja ini sangat signifikan dan bermanfaat bagi guru dan siswa, dengan diterapkan metode eja siswa yang tidak bisa membaca jadi bisa membaca. Ketiga ada beberapa faktor pendukung dan penghambat metode eja. Faktor pendukung metode eja yaitu memiliki landasan berfikir analisis, memiliki langkah yang mudah di fahami, dan memiliki landasan linguistik. Faktor pnghambat metode eja yaitu membosankan bagi siswa, guru harus kreatif, banyaknya sarana yang digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Ainy 2018.77.26.086 |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 01:51 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:28 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/154 |
Actions (login required)
View Item |