MUHAJIR, MUHAMAD RIFAN (2023) EFEKTIVITAS METODE YANBU'A DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI SMAS DIPONEGORO TUMPANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
Cover dan lampiran.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (411kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (469kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (154kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (89kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (168kB) | Request a copy |
Abstract
Muhamad Rifan Muhajir, Efektifitas Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Al- Qur’an di SMAS Diponegoro Tumpang. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam MA’had Aly Al-Hikam Malang. Kata Kunci : Efektifitas, Metode Yanbu’a, Pembelajatran Al-Qur’an SMAS Diponegoro Tumpang merupakan salah satu lembaga pendidikan formal di kecamatan Tumpang Kabupaten Malang yang menerapkan pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a. Dalam penerapannya tentu terdapat perbedaan dengan lembaga non formal pada umumnya seperti dari segi waktu, sistem dan strategi pembelajaran di kelas yang tentunya akan mempengaruhi akan keefektifan pembelajaran Al-Qur’an yang ada, sehingga untuk mengetahui Efektifitas Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SMAS Diponegoro Tumpang, penelitii merumuskan dua permasalahan yang menjadi tujuan utama penelitian ini, yaitu ; Untuk mengetahui efektifitas Metode Yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMAS Diponegoro Tumpang, untuk mengetahui hambatan serta upaya yang dilakukan terhadap keefektifan pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan metode Yanbu’a Peneilitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai Efektifitas Metode Yanbu’a, Hambatan serta Solusi dalam pembelajaran Al-Qur’an disajikan dalam bentuk narasi deskriptif. Adapun sumber data utama informasi adalah Ustadz-ustadzah pengajar Yanbu’a, Guru PAI, serta siswa SMAS Diponegoro Tumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Yanbu’a di SMAS Diponegoro Tumpang dinilai efektif, hal tersebut dapat dilihat dari sudah adanya pemetaan di awal pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah tersusun, rutinnya kegiatan evaluasi pembelajaran serta tuntasnya materi pembelajaran sesuai dengan waktu yang ada.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhamad Rifan Muhajir 1977011424 |
Date Deposited: | 15 May 2025 07:03 |
Last Modified: | 15 May 2025 07:03 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |