Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Afif, Abdullah and Saiban, Kasuwi (2023) Karakter Peserta Didik Perspektif Kitab Minhaj Al-Muta’allim Karya Imam Abu Hamid Al-Ghazali dan Relevansinya dengan Profil Pelajar Pancasila. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
Artikel.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan Islam adalah membentuk manusia yang mengamalkan nilai-nilai Islam dalam sikap dan tindakan, termasuk hubungan dengan Tuhan, manusia, dan alam semesta. Namun, degradasi moral dalam masyarakat mengancam nilai-nilai pendidikan Islam, termasuk di kalangan peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat relevan, dan kitab Minhaj Al-Muta'allim karya Imam Al-Ghazali memiliki pemikiran penting yang kurang diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara mendalam dan komprehensif mengenai karakter peserta didik perspektif kitab Minhaj Al-Muta'allim serta melihat sejauh mana relevansi karakter tersebut dengan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kepustakaan (library research). Sumber data diperoleh dari dokumen primer, skunder, dan tersier. Analisis data menggunakan metode analisis isi teks dan wacana yang meliputi reduksi, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan verifikasi data menggunakan teknik confirmability, member checking, dan triangulasi teori untuk memperkuat argumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakter peserta didik perspektif kitab Minhaj Al-Muta’allim memiliki domain kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik, dan dua puluh sembilan (29) karakter antara lain; Mematuhi pendidik, menghormati ilmu, ahli ilmu, dan pendidik, rendah hati, mendahulukan hak pendidik, dermawan, bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, memuliakan kitab, memuliakan pendidik, dan putra-putri pendidik, memiliki sifat kasih sayang terhadap pendidik, mendoakan pendidik, mensucikan jiwa, menyerahkan diri kepada pendidik dalam memilih jenis ilmu, bepergian dalam rangka mencari ilmu, menjauhi posisi duduk disamping pendidik, memiliki niat tulus dalam mencari ilmu, mendahulukan ilmu yang lebih penting, memanfaatkan waktu, semangat dalam mencari ilmu, baiknya bertanya kepada pendidik, mencari ilmu pada usia dini, belajar kepada orang yang berilmu, rajin dan bersungguh-sungguh dalam belajar, memilih waktu yang tepat untuk menghafalkan, memiliki cita-cita mulia, bertakwa, bersyukur atas sebuah ilmu, mengamalkan ilmu, dan menjaga ilmu. 2) Karakter peserta didik mempunyai relevansi dengan profil pelajar pancasila dalam dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Karakter peserta didik juga memiliki kesamaan nilai-nilai seperti penghargaan terhadap ilmu, semangat, sikap moral baik, mandiri, kerjasama, kritis, dan kreatif, yang keduanya penting untuk membentuk karakter peserta didik secara holistik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdullah Afif 212120073
Date Deposited: 07 Oct 2023 03:04
Last Modified: 12 Jul 2024 05:16
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item