Ummi Rihana, Ummi (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI HORMAT SERTA PATUH KEPADA ORANG TUA DAN GURU SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NAILUL FALAAH BLIMBING MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (986kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (852kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar SMP Islam Nailul Falaah, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwa aktivitas peserta didik yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajran mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) Untuk menjelaskan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi hormat serta patuh kepada orang tua dan guru siswa kelas VIII SMP Islam Nailul Falaah Blimbing Malang. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar materi hormat serta patuh kepada orang tua dan guru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas VIII SMP Islam Nailul Falaah Blimbing Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus penelitian dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian siswi kelas VIII-A SMP Islam Nailul Falaah Blimbing, sebanyak 25 siswa. Peneliti terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tulis, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam implementasi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan yaitu penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan hasil dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran PAI, rata-rata ketuntasan pada siklus 1 adalah 72% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 88%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum atau KKM dengan rata-rata ketuntasan mencapai 75% pada pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ummi Rihana 2018.77.01.1129 |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 02:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:06 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/90 |
Actions (login required)
View Item |