Aulia, Shofia (2024) PENGARUH PROGRAM PEMBIASAAN PAGI TERHADAP PENINGKATAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI MTs AL-HIDAYAH DONOWARIH KARANGPLOSO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I .pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (389kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (341kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (509kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (616kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (576kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (162kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Shofia, Aulia.2024. Pengaruh Program Pembiasaan Pagi Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa MTs Al-Hidayah Donowarih Karangploso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikan Malang. Pembimbing, Dr. Nury Firdausia, M. Pd.I Kata Kunci: Pembiasaan, Program Pagi, Kecerdasan Emosional. Kecerdasan intelektual saja tidak cukup untuk menunjang siswa agar dapat memahami dan menerima setiap pembelajaran yang disampikan oleh guru. Diperlukan juga kecerdasa emosional untuk melengkapi dan menunjang proses pembelajaran. Keberhasilan dalam meingkatkan kecerdasan emosional pada siswa dalam suatu lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran guru, orang tua, serta lingkungan sekitar. Untuk menstimulus peningkatan kecerdasan emosional, perlu dilakukan keterpaduan antara pembentukan karakter melalui pembelajaran, manajemen sekolah, serta kegiatan-kegiatan penunjang seperti ekstrakuriler. Tentunya hal tersebut akan di susun ke dalam program-program kegiatan yang bersifat harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Dengan dilaksanakannya penelitian ini diharapkan dapat mencapai tujuan dalam mengidentifikasi dari varibel-varibel terkait, yaitu apakah terdapat pengaruh program pembiasaan pagi terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa di MTs Al-Hidayah Donowarih Karangploso. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dari perhitungan random sampling, dari populasi yang berjumlah 600, penulis mendapatkan hasil sebanyak 85 responden, maka angket yang dibuat oleh penulis akan disebar kepada siswa-siswi MTs Al-Hidayah. Adapun teknik dalam mengumpulkan data-data yang dibutuhkan menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alfa Cronbach. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis dengan regresi linear sederhana, yang menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 23.0 for windows. Ditemukan hasil dari perhitungan untuk penelitian ini ialah, koefisien korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat pengaruh program pembiasaan pagi terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs Al-Hidayah. Hal ini diambil dari hasil nilai signifikan yang ditemukan sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang bearti menunjukkan bahwa ditemukannya pengaruh dari program pembiasaan pagi terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa MTs Al-Hidayah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | aulia shofia 2077011547 |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 05:31 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 05:31 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/859 |
Actions (login required)
View Item |