Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

SAPUTRI, BIBING RISKA DEWI (2022) PENGARUH METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MA MAMBAUL ULUM BANJAREJO. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
COVERRR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (540kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (624kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)

Abstract

Saputri, Bibing Riska Dewi. 2022. “Pengaruh Metode Survey, Question,Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Hasil Belajar Siswa KelasXI MA Mambaul Ulum, Banjarejo”. Skripsi, Program StudiPendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi AgamaIslam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Laily Abidah S.Psi.,M.Psi., Psikolog Kata Kunci : Pengaruh, SQ3R, Hasil Belajar Perkembangan suatu bangsa dimulai dari sektor pendidikan, pembangunan dibidang pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusatersebut adalah dengan pendidikan. Dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi pencapaian belajar, salahsatunya adalah strategi mengajar oleh guru. Dalam hal ini harus ada metode strategi yang sesuai, sehingga keinginan siswa dalam mengikuti pelajaran juga meningkat, yang nantinya akan berpengaruh padaprestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran SKI kelas XI IPA MA Mambaul Ulum Banjarejo. (2) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode SQ3R Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini berlokasi di MA Mambaul Ulum Banjarejo. Dari seluruh kelas XI yang menjadi anggota populasi penelitian 93 siswa, terpilih 23 siswa yang menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode SQ3R terhadap hasil belajar siswa dan soal sederhana untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudahnya diterapkan metode SQ3R. Hasil penelitian yang didapat yaitu tidak adanya pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh dari uji regresi linier sederhana yang menununjukkan bahwa nilai signifikansi adalah 0,162. Karena nilai sig > 0,05 maka variabel bebas (X) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat (Y). Tidak adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode pembelaran. Hal ini didasarkan pada nilai signifikansi Wilcoxon Signed Rank Test sebesar 0,000 karena nilai sig < 0,05 maka Ho ditolak artinya metode pembelajaran SQ3R belum bisa memberikan perbedaan terhadap hasil belajar siswa karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai signifikansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: A General > Indexes (General)
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bibing Riska Dewi Saputri 2018.77.01.1072
Date Deposited: 31 May 2024 06:23
Last Modified: 12 Jul 2024 04:59
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item