Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Rochman, Kholilur (2024) IMPLEMENTASI ASESMEN OLEH GURU KELAS VI PADA HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH KOTA MALANG). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Bab I.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
Bab II.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (214kB)

Abstract

IMPLEMENTASI ASESMEN OLEH GURU KELAS VI PADA HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH KOTA MALANG) SKRIPSI Oleh : Kholilur Rochman NIM: 207726142 PROGRAM SARJANA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDA’IYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MA’HAD ALY AL-HIKAM MALANG 2024 IMPLEMENTASI ASESMEN OLEH GURU KELAS VI PADA HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH KOTA MALANG) SKRIPSI Diajukan kepada Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Oleh: Kholilur Rochman NIM: 207726142 PROGRAM SARJANA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDA’IYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MA’HAD ALY AL-HIKAM MALANG 2024 MOTTO يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Q.S. Al-Hasyr : 18 LEMBAR PERSEMBAHAN Bismillahirrahmanirrahiim Alhamdulillahirobbil’alamiin, dengan mengucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT. yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya, sehingga dalam penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan dengan baik. Skripsi ini saya persembahkan kepada diri saya, yang telah berjuang keras selama ini dalam menempuh gelar sarjana. Terima kasih atas kesanggupannya yang telah melalui masa-masa sulit. Tetaplah kuat dan tegar, jangan menyerah dan terus semangat untuk mencapai kesuksesan. Kepada kedua orang tua yang tercinta, terima kasih atas panjatan do’a kalian yang tak pernah kunjung selesai, serta dukungan secara dzohiriyah dan bathiniyah Saudara-saudara yang tercinta, terimakasih atas kepeduliannya yang telah membantu dan membimbing untuk melalui masa-masa kesulitan selama perjuangan ini   ABSTRAK Rochman, Kholilur, 2024. Implementasi Asesmen oleh Guru kelas VI pada Hasil Pembelajaran Matematika (Studi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Kota Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam, Malang. Kata Kunci: Asesmen, Guru, Hasil Belajar, Implementasi, Matematika. Asesmen merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sehingga pelaksanaan asesmen oleh guru juga memiliki peran dalam membentuk hasil belajar yg baik. Terdapat permasalahan pelaksanaan yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah, Lowokwaru, Kota Malang, dimana guru pada tingkat kelas sebelumnya dalam melaksanakan asesmen tetap meluluskan siswa yang belum memahami secara komprehensif materi matematika yang dipelajari dan hasil belajarnya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Akibatnya hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa di kelas selanjutnya. Jika tidak ditangani secara khsus, maka akan terus mempengaruhi hasil belajar siswa yang tidak memuaskan/ memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi asesmen formatif dan sumatif oleh guru matematika pada siswa kelas VI, dan (2) Menganalisis hasil asesmen formatif dan sumatif dengan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran matematika di MI Al-Fattah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case studies). Sumber data dalam penelitian terbagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dibagi menjadi tiga, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi asesmen formatif dan sumatif oleh guru kelas VI di MI Al-Fattah telah dilakukan secara rutin dengan tiga tahapan asesmen, yaitu pra-asesmen, pelaksanaan asesmen, dan pasca asesmen. Selain hal tersebut, guru kelas IV juga meberikan program bimbingan belajar (bimbel) secara rutin untuk lebih meningkatkan penalaran dan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika. (2) Hasil pelaksanaan asesmen formatif dan sumatif oleh guru kelas VI di MI Al-Fattah kota Malang secara rutin telah memberikan peningkatan dalam hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa mencapai 68,08, sehingga tidak adanya siswa yang mendapatkan nilai tambahan atau tidak sesuai dengan KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Sosial > GB Pendidikan
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kholilur Rochman 207726142
Date Deposited: 19 Jul 2025 06:02
Last Modified: 19 Jul 2025 06:02
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item