Fauziah, Nuzulul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMAS DIPONEGORO TUMPANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (402kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (292kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (422kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (59kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (133kB) |
Abstract
ABSTRAK Fauziah, Nuzulul. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Smas Diponegoro Tumpang.Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang. Pembimbing: Dr. Rohmah Istikomah S.S, M.Pd.I. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam Pada saat ini guru dituntut untuk agar mampu menciptakan suasana kelas yang kondusif agar proses pembelajaran berlangsung optimal dan menyenangkan. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik di Kelas X di SMAS Diponegoro Tumpang khususnya dalam bidang studi agama Islam masih menggunakan metode konvensional. Hal tersebut disebabkan oleh wawasan guru mengenai Problem Based Learning baik secara teoritik maupun praktik masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui hasil belajar siswa mengunakan Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Peneltian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun penelitian yang di gunakan adalah jenis penelitian eksperimen dimana kita meneliti sebelum dan sesudah di terapkan. Untuk mengetahui hasilnya dengan menyebar angket kepada responden dan di harapkan dari penelitian ini dapat menghasilkan pembelajaran yang lebih aktif dan efektif untuk hasil belajar siswa yang baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikam Agama Islam berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Temuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaram Problem Based Learning (PBL) berpengaruh pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa sebesar 73,4% dan 26,6 % dipengaruhi oleh faktor luar. Dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X-1 SMAS Diponegoro Tumpang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | NUZULUL FAUZIAH 1977011348 |
Date Deposited: | 15 May 2025 05:59 |
Last Modified: | 15 May 2025 05:59 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |