Hidayat, Rendi Maulana (2024) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PADA PESERTA DIDIK DI MI SHOLEH YUSUF TUMPANG MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
COVERR.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (866kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (278kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (382kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (213kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (123kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (130kB) |
Abstract
Abstrak Guru mempumyai peran yamg sangat besar terhadap keberhasilan siswa dalam belajar, tidak hanya itu juga, guu juga mempunyai peran yang sangat fundamental dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa. Karena dalam proses belajar mengaja, kemampiuan yang diharapkan dapat dimiliki dan tertanam kuat dalam diri siswa setelah proses belajar mengajar adalah kemapuan intelektual, sikap, dan bertindak. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa sehingga dapat dijadikan siswa itu sendiri dalam bertindak sehari-hari. Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah : (1) Kontribusi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual pada siswa MI Sholehn yusuf . (2) Aspek-aspek kecerdasan emosional dan spiritual yang dikembangkan dalam pembelajaran agama islam di MI Sholeh yusuf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti hadir langsung ke lapangan untuk mengambil informasi dan penelitian secara intensif, terperinci dan mendalam pada kasus yang terjadi di MI Sholeh yusuf, teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian di MI Sholeh yusuf ini menunjukkan : (1) Kontribusi guru agama islam dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di MI Sholeh yusuf sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa dalam pengaturan diri, kemampuian memotivasi, kemampuan berempati dengan teman sekitarnya, dan dapat mengelola emosi dengan baik serta menjadikan anak menjadi lebih religius. (2) Sedangkan mengenai aspek kecerdasan emosional dan spiritual yang dilakukan oleh guru yaitu siswa dibimbing agar memiliki moral dan akhlak yang baik ketika berada didalam lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat dengan cara membiasakan diri untuk disiplin serta membiasakan anak untuk taat dalam beribadah dan memberikan pengajaran yang bersifat religius seperti membiasakan anak untuk gemar berdo’a pembiasaan kegiatan ibadah serta pengajaran materi keagamaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) D Agama > D Agama |
Depositing User: | Rendi Maulana Hidayat 2077011666 |
Date Deposited: | 02 May 2025 06:58 |
Last Modified: | 02 May 2025 06:58 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |