Juhriani, Juhriani (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI SMPN 11 MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover rani.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 rani.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (318kB) |
|
Text
BAB 2 rani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3 rani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (245kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4 rani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (811kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5 rani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 6 rani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (68kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka rani.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (197kB) |
Abstract
ABSTRAK Juhriani, 2024. Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Pelajar Pancasil di SMPN 11 Malang. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly AlHikam Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Azis Tata Pangarsa M. Pd Kata Kunci: Peran Guru, PAI, Karakter Pelajar Pancasila Pembentukan karakter merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter peserta didik yang berkualitas, bertanggung jawab dan bermoral tinggi. Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, telah meluncurkan Kurikulum Merdeka yang menekankan pada profil Pelajar Pancasila. Pendidikan Agama Islam, sebagai mata pelajaran nasional, memainkan peran penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan ajaran agama untuk membentuk karakter peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut, maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah: a) Bagaimana pelaksanaan peran guru PAI dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMPN 11 Malang. b) Apa faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMPN 11 Malang. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran guru PAI dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMPN 11 Malang dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMPN 11 Malang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Adapun metode pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan peran guru PAI dalam pembentukan karakter Pelajar Pancasila di SMPN 11 Malang terbagi menjadi lima peran utama, yaitu sebagai pembimbing, pengelola kelas, suri tauladan, fasilitator dan evaluator. (2) Kebijakan sekolah dan sarana prasarana menjadi faktor pendukung pembentukan karakter pelajar pancasila sedangkan keadaan siswa dan guru menjadi faktor penghambat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan D Agama > D Agama M Ilmu Terapan > M Ilmu Terapan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Juhriani Juhriani 2077011509 |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:49 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:49 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/894 |
Actions (login required)
View Item |