PUSPITA, VERA FITRIYA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN 1 PANDANLANDUNG MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
01. COVER + LAMPIRAN_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
02. BAB I_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (650kB) |
|
Text
03. BAB II_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (531kB) | Request a copy |
|
Text
04. BAB III_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (684kB) | Request a copy |
|
Text
05. BAB IV_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
06. BAB V_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (339kB) | Request a copy |
|
Text
07. BAB VI_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
08. DAFTAR PUSTAKA_VERA FITRIYA P_197726110.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (210kB) |
Abstract
ABSTRAK Vera Fitriya Puspita, 2023 Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Snowbal Throwing pada Pembelajaran Tematik Kelas III SDN 1 Pandanlandung Malang. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam. Pembimbing, (Dr. Umi Salamah, M.Pd.I.) Kata Kunci : Model Snowball Throwing, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik. Permasalahan yang sering di temui dalam kegiatan proses pembelajaran yakni model pembelajaran yang berisfat massal dan klasikal, dengan fokus lebih kepada kuantitas daripada kualitas. Mampu melayani sebanyak-banyaknya peserta didik sehingga akomodasi yang didapat terbatas. Model pembelajaran yang kurang menarik turut mempengaruhi rendahnya hasil belajar peserta didik. SDN 1 Pandanlandung khususnya kelas III menjadikan pendidik sebagai aktor utama selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga menimbulkan kejenuhan tersendiri. Hal ini berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan sebelumnya. Model Snowball Throwing yang memadukan pembelajaran dan beramain game menjadi ciri khas tersendiri dari model ini. Membuat pertanyaan secara mandiri kemudian melemparkan pertanyaan tersebut kepada peserta didik yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode Snowball Throwing pada pembelajaran Tematik kelas III SDN 1 Pandanlandung. Selain itu juga untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan metode Snowball Throwing pada pembelajaran Tematik kelas III SDN 1 Pandanlandung. Dan juga untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Snowball Throwing pada pembelajaran Tematik kelas III SDN 1 Pandanlandung. Jenis penelitian yakni penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian ini memiliki 2 siklus, dimana tiap siklus terjadi dalam 2 kali pertemuan. Penelitian ini memiliki objek siswa kelas III SDN 1 Pandanlandung Malang dengan jumlah 36 peserta didik. 18 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan menjadi alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Tematik siswa kelas III SDN 1 Pandanlandung Malang yang berjumlah 36. Menunjukkan peningkatan dari hasil Pre-Test mata pelajaran Bahasa Indonesia 36% menjadi 80% .Matematika dari 8% menjadi 69%. Kemudian dari mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari 58% menjadi 83% yang tuntas diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil ini menunjukkan bahwa model Snowball Throwing dikatakan berhasil diterapkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian G Sosial > G Kurikulum G Sosial > GA Pembelajaran G Sosial > GB Pendidikan M Ilmu Terapan > M Ilmu Terapan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | VERA FITRIYA PUSPITA 197726110 |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 02:52 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 02:52 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/892 |
Actions (login required)
View Item |