muslimah, nisa (2016) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hayatul Islamiyah). S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (224kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (353kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (73kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (753kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (63kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (154kB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (13kB) |
Abstract
ABSTRAK Nisa’ul Muslimah, 2016. Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Kota Malang), Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam.Pembimbing: Drs. Muzamil, MA Kata Kunci : Upaya Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) berkembang pesat dan telah mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia. Pemerintah telah menetapkan kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi setiap warga negara, untuk mencapai mutu pendidikan tersebut, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui peningkatan keprofsionalan gurunya. Guru merupakan faktor terpenting dalam proses peningkatan kualitas pendidikan. Namun, guru sebagai makhluk sosial dan individual dalam kehidupannya sering mengalami hambatan dalam peningkatan kualitas tersebut. Adapun permasalahan yang timbul adalah bagaimana profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kendala yang dihadapi dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dan upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas guru dalam pembelajaran tersebut.Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keprofesionalan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pendekatan terhadap permasalahan tersebut ditempuh dengan dua cara yaitu, pendekatan teoritis yang disajikan pada Bab I tentang Pendahuluan, Bab II tentang Kajian teori, dan Bab III tentang Metode Penelitian. Sedangkan pendekatan empiris dikemukakan pada Bab IV yaitu, tentang laporan hasil penelitian yang dilanjutkan dengan Bab V yaitu Bab Penutup.Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Malang. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran dan bukan angka. Hasil penelitian ini juga diharapkan berguna bagi Kepala Sekolah dan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Hayatul Islamiyah Kedungkandang Kota Malang yang bersangkutan maupun peneliti sendiri. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, kemampuan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah cukup professional, terbukti semua guru memiliki ijazah keguruan, memiliki pengalaman mengajar lebih dari lima tahun, selalu membuat rencana pembelajaran, metode yang digunakan bervariasi, melakukan situasi interaksi yang baik dengan siswa, dan mengadakan evaluasi. Adapun yang menjadi kendala dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah padatnya jam mengajar dan tidak adanya minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta kesejahteraan guru kurang memadai. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam peningkatan profesionalitas guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah guru selalu menguasai kompetensi, penyediaan sarana dan prasarana, kedisiplinan dan pengawasan, rapat dan seminar.serta minimnya dana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Karya Umum > BD penelitian |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nisa' ul muslimah 2011.4.077.0001.1.00226 |
Date Deposited: | 30 Nov 2024 02:27 |
Last Modified: | 30 Nov 2024 02:27 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/844 |
Actions (login required)
View Item |