Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Mutaqin, Ahmad Shodiqul (2024) Transisi Sistem Pembelajaran Daring Menuju Luring di STAIMA Al-Hikam Malang: Eksplorasi Pengalaman dan Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Pada Prodi PAI. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
cover shodiq.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (369kB)
[img] Text
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
bab 6.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)

Abstract

Shodiqul, Ahmad. 2024. Transisi Sistem Pembelajaran Daring Menuju Luring di STAIMA Al-Hikam Malang: Eksplorasi Pengalaman dan Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Pada Prodi PAI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Jodang Setia Adi Anista R., S.Pd., M.E. Kata Kunci: Transisi Sistem Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring Tahun 2020 adalah awal mula transisi sistem pendidikan berubah yang ada di Indonesia dengan penyebab merebaknya virus corona di masyarakat. Oleh sebab masuknya virus tersebutlah pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam aspek pendidikan yaitu dengan merubah sistem pembelajarannya. Perubahan yang terjaadi saat itu adalah perubahan sistem pembelajaran luring ke pembelajaran daring. Setelah di Indonesia kasus aktif virus corona menurun pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk merubah sistem pembelajaran lagi dari pembelajaran daring menuju luring. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pembelajaran saat mengalami masa transisi dari sistem pembelajaran daring menuju luring dan, (2) Untuk mengetahui apakah ada dampak setelah mengalami masa transisi dari sistem pembelajaran daring menuju luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelian deskripstif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis deskriptif kualitatif yaitu dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan keabsahan data diperkuat dengan menggunakan teknik tringulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran saat mengalami masa transisi Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2020 memang diperlukan adaptasi dalam pelaksanaan pembelajarannya, (2) Adanya transisi pembelajaran daring menuju luring memberikan dampak pembelajaran bagi mahasiswa menjadi lebih efektif, serta membentuk mental bagi mahasiswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GA Pembelajaran
G Sosial > GB Pendidikan
D Agama > D Agama
E Bahasa > E Bahasa
S Sejarah > S Sejarah
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Shodiqul Mutaqin 2077011613
Date Deposited: 04 Oct 2024 04:19
Last Modified: 04 Oct 2024 04:19
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item View Item