Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Sa’diyah, Chalimatus (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII DI SMP QUR’ANI A-SYARICHIN TAJINAN. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)

Abstract

ABSTRAK Sa’diyah, Chalimatus. 2024. Penerapan Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII di SMP Qur’ani A-Syarichin Tajinan. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al Hikam Malang. Pembimbing: Dr. Rosidin, M.Pd dan Dr. Rohmah Istikomah, S.S., M.Pd.I. Kata kunci: Penerapan, Model Discovery Learning, Mata Pelajaran Fikih. Guru mata pelajaran fikih SMP Qur’ani A-Syarichin Tajinan menerapkan model discovery learning sebagai upaya dari seorang guru untuk menanggulangi kebosanan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung dengan harapan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan penemuan oleh diri masing-masing siswa. Model discovery learning adalah proses menemukan jawaban atas masalah yang dihadapi sehingga menuntut siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan lebih percaya diri dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini difokuskan pada penerapan, dan dampak penerapan model discovery learning pada mata pelajaran fikih kelas VII di SMP Qur’ani A-Syarichin Tajinan. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Latar penelitian ini di kegiatan belajar mengajar di kelas VII di SMP Qur’ani A-Syarichin Tajinan. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru fikih, dan siswa-siswi yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran fikih. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen kunci penelitian ini pada dasarnya adalah peneliti sendiri, namun untuk mempermudah peneliti, instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi juga digunakan. Data dianalisis melalui proses deskripsi, kondensasi, kategorisasi, dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model discovery learning pada mata pelajaran fikih kelas VII di SMP Qur’ani A-Syarichin Tajinan dilaksanakan melalui a) perencanaan penerapan model discovery learning, seperti penyusunan RPP dan penggunaan kitab mabadiul fiqhiyah sebagai panduan dalam penyampaian materi sholat fardu, b) proses penerapan model discovery learning yang dilaksanakan di dalam kelas, dan c) evaluasi penerapan model discovery learning yang dilakukan melalui observasi, diskusi, dan kuis. 2) dampak penerapan model discovery learning pada mata pelajaran fikih kelas sudah sesuai dengan harapan guru. Hal ini terbukti dengan berkembangnya motivasi belajar siswa, suasana belajar di kelas menjadi lebih hidup, dan prestasi belajar siswa yang meningkat. Diantaranya terlihat antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa menjadi aktif belajar, aktif berdiskusi, aktif bertanya, aktif membaca buku/kitab, siswa yang pasif atau pendiam sudah berani mengungkapkan pendapatnya, dan nilai hasil ulangan mereka meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Discovery Learning, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chalimatus Sa'diyah 2212120140
Date Deposited: 27 Sep 2024 00:33
Last Modified: 27 Sep 2024 00:33
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/754

Actions (login required)

View Item View Item