Fauzia,, Devita (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI MADRASAH INKLUSI AR-ROIHAN LAWANG MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (590kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (294kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
COVER (1).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (853kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (359kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
DAPUS.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (214kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (107kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa juga berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan potensi serta membentuk kepribadian dan karakter manusia. Madrasah Ar-Roihan merupakan madrasah yang terdiri dari anak pada umumnya dengan anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan hal tersebut, maka implementasi pendidikan karakter sangat diperlukan agar dapat mencetak anak bangsa yang tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa (1) implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah di madrasah inklusi Ar-Roihan Malang (2) implikasi penerapan pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah di madrasah inklusi Ar-Roihan Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data langsung dari lapangan melalui, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi kasus, yakni meneliti suatu kasus atau fenomena yang ada dan dilakukan secara mendalam untuk mempelajari serta memperoleh pemahaman dari fenomena tersebut, seperti latar belakang, kondisi lingkungan, maupuan interaksi dilingkungan yang diteliti yang bersifat analis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter peduli sosial melalui budaya sekolah di madrasah inklusi Ar-Roihan tercermin dalam nilai karakter religius dan karakter peduli sosial. Nilai karakter religius yang sudah menjadi kebiasaan di madrasah ini tampak dalam beberapa kegiatan, seperti sholat dhuha bersama, berdoa, berjabat tangan, membaca asmaul husna, dan mengaji. Nilai karakter peduli sosial juga terlihat dari beberapa kegiatan yang sudah menjadi budaya di madrash ini. Kegiatan tersebut seperti belajar bersama di kelas inklusi, upacara bendera, piket bersama, serta keteladanan dari para guru. (2) Implikasi pendidikan karakter di MIT Ar-Roihan selain penguatan pada karakter religius juga membangun kecakapan sosial antara lain dalam berkomunikasi, saling menyayangi, berempati dan bekerjasama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Devita Fauzia 2018.77.26.070 |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 01:12 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:20 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
View Item |