ALIFIA, ZULFA (2022) PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA MUKIM DAN NON MUKIM di MTS AL-ITTIHAD PONCOKUSUMO MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
ARTIKLE AHMADHABIBURAHMAN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (777kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (387kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (321kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (780kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (601kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (551kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) | Request a copy |
Abstract
Lingkungan adalah segala kondisi yang ada dalam kehidupan dan dengan cara tertentu dapat mempengaruhi tingkah laku, pertumbuhan serta perkembangan seorang individu. Prestasi belajar adalah hasil pembelajaran yang telah dicapai oleh siswa dan dinyatakan dalam bentuk nilai. Siswa yang tinggal di pesantren (mukim) dan yang tinggal di rumah (non mukim) memiliki lingkungan tempat tinggal yang berbeda. Maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar siswa mukim terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI. 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan belajar siswa non mukim terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI. 3) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI antara siswa mukim dan non mukim. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel 89 siswa mukim dan 85 siswa non mukim. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket lingkungan belajar dan dokumentasi prestasi nilai rapot ujian tengah semester 2. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Lingkungan belajar siswa mukim berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mukim dengan presentase sebesar 25,1%. 2) Lingkungan belajar siswa non mukim berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa non mukim dengan presentase sebesar 6%. 3) Tidak ada perbedaan antara prestasi belajar siswa mukim dan non mukim. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,506 yang lebih dari 0,05.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpus STAIMA AL-HIKAM |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 04:23 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/23 |
Actions (login required)
View Item |