Aini, Fiki Nur (2023) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Index Card Match Materi Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas III MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (671kB) |
|
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (494kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Updated Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (456kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (283kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (506kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (117kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (83kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Nur Aini, Fiki. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Index Card Match Materi Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Mata Pelajaran PKn Kelas III MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al-Hikam Malang, Pembimbing, Zainul Arifin, M.Pd. Model pembelajaran index card match memiliki tujuan yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sekaligus aktif, mendorong peserta didik berfikir kritis sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik tentang materi yang dipelajari. Model pembelajaran index card match dapat menggalang kerja sama dan kekompakan peserta didik dalam kelompok berpasangan, dan dapat mengembangkan kepemimpinan peserta didik dan mengembangkan kemampuan proses nalarnya. Model pembelajaran index card match dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran PKn kelas III MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang dalam meningkatkan hasil belajar serta keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mengetahui hasil belajar sebelum menggunakan model index card match pembelajaran PKn. Yang kedua untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model index card match. Yang ketiga mengetahui hasil belajar sesudah menggunakan model index card match pada pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus McTaggart yang menggunakan dua siklus, setiap siklus terdapat tes untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari 29 siswa ada 26 siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Maka dari itu model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar serta keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas khususnya materi pengamalan nilai-nilai pancasila siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Kata Kunci: Model index card match, PKn, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fiki Nur Aini 197726106 |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 05:17 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/219 |
Actions (login required)
View Item |