Agus Fausi, Agus (2023) Model Pembelajaran Fiqh Berbasis Kitab Kuning di Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah Situbondo. S2 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
![]() |
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Fiqh adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan (siswa belajar, guru mengajar) tentang hukum-hukum syari’at yang praktis yang diambil dari dalil-dalil tafshili (terperinci) yang dibebankan kepada mukallaf. Dalil-dalil tafshili adalah al-Qur’an dan al-Sunnah. Al-Qur’an adalah kalam Allah diturunkan menggunakan bahasa Arab, maka teks-teks Fiqh yang ditulis oleh salafina al-shalih juga berbahasa Arab, seperti al-Umm karya Imam Syafi’i, minhaj al-thalibin karya Imam Nawawi, dan banyak lagi karya lainnya. Teks-teks Fiqh yang ditulis oleh ulama’ salafina al-shalih disebut dengan istilah kitab kuning. Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo salah lembaga yang menerapkan pembelajaran fiqh berbasis kitab kuning. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran dirancang menggunakan model pembelajaran. Dari konteks tersebut, dapat dimunculkan fokus penelitian bagaimana model pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo? Dengan tujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, serta untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan data pembelajaran fiqh di Ma’had Aly dari sumber data dosen fiqh wakalah, wakaf, dan ‘ariyah. Adapun teknik pengumpulan yang digunakan, teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan analisis data pola Miles & Huberman yang menggunakan 4 tahapan, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran fiqh di Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo ada tiga model, yakni model tekstual, model teks-kontekstual dan model komparasi/muqabalah. Tiga model ini memiliki kesamaan dengan model CTL, PBL, PjBL, Cooperative Learning, Inductive Thinking Learning, dan Advance Organizer. Dari tiga model tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Agus Fausi 212120081 |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 02:56 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:56 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/1680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |