SYAFIUL CHAFID FIRMAN SYAH, CHAFID FIRMAN (2022) Implementasi Manajemen Kurikulum di Madrasah Aliyah Integratif Nahdlatul Ulama Al-Hikmah Malang. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text (BAB 1)
6. BAB 1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (428kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (290kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (127kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (584kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum di MA Integratif NU Al-Hikmah di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Kurikulum adalah rencana dan kesepakatan tentang tujuan, isi, materi pembelajaran, dan metode yang menjadi pedoman dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam menerapkan manajemen kurikulum, perlu mengatasi faktor-faktor seperti ketersediaan sumber daya agar sesuai dengan kondisi budaya masyarakat, materi kurikulum, struktur organisasi, dan internalisasi nilai-nilai. Keberhasilan implementasi manajemen kurikulum ditentukan oleh aspek strategi implementasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan awal implementasi kurikulum di MA Integratif NU Al-Hikmah melibatkan rapat internal dipimpin oleh wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dengan kehadiran kepala Madrasah, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, bidang humas, bidang sarpras, dan komite. Dilanjutkan dengan rapat sosialisasi (lokakarya) setiap awal tahun ajaran baru untuk menyampaikan informasi kepada dewan guru, membahas jadwal pelajaran, pembagian tugas, tugas tambahan, dan program terbaru. Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada Kurikulum 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan penyesuaian tertentu dari KMA 184 Kementerian Agama. Kurikulum mencakup kompetensi inti dan dasar yang dirumuskan oleh pusat, disesuaikan oleh tim pengembang sesuai dengan lingkungan dan peserta didik di MA Integratif NU Al-Hikmah yang berbasis pesantren. Evaluasi kurikulum dilakukan melalui rapat setiap dua bulan sekali, untuk berbagi informasi antara guru dan pengelola kebijakan. Tujuannya adalah memberikan masukan dan solusi yang direspon cepat oleh kepala sekolah. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi manajemen kurikulum di MA Integratif NU Al-Hikmah berjalan lancar. Kata Kunci: manajemen, kurikulum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General > Indexes (General) B Karya Umum > BD penelitian M Ilmu Terapan > M Ilmu Terapan |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | SYAFIUL CHAFID FIRMAN SYAH 2018.77.20.109 |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 02:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2024 06:27 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/98 |
Actions (login required)
View Item |