Arifin, Sovi Nurul (2023) Pengaruh Motivas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fikih di MI NU Hidayatul Mubtadiin Ngantang. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
COVER.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.docx.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (678kB) |
|
Text
BAB II.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (478kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (751kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (328kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (324kB) |
Abstract
Motivasi belajar adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar dan hasil belajar. Seseorang yang memiliki motivasi mempunyai kecenderungan untuk mencurahkan segala kemampuannya untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa akan mendorong siswa belajar lebih giat lagi dan frekuensi belajarnya menjadi semakin meningkat, sehingga hasil belajarnya pun meningkat. Sebaliknya, jika motivasi siswa berkurang maka hasil belajrnyapun kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran fikih di MI NU Hidayatul Muhtadin Ngantang. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah populasi dan sampel adalah siswa kelas VI yaitu sebanyak 21 siswa. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji regresi linier sederhana. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI NU Hidayatul Muhtadin Ngantang sebesar 0,00 dimana lebih kecil dari 0,05 mengandung arti bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Sedangkan besaran pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa diperoleh secara signifikasi R Square sebesar 0,51. Jadi dapat disimpulkan besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Depositing User: | Arifin Sovi Nurul 1977011386 |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 07:35 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 07:35 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/870 |
Actions (login required)
View Item |