Hakim, Lukman (2023) PENERAPAN METODE BELAJAR AL-QUR’AN ILMAN WA RUUHAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ROBBANI SINGOSARI MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.
Text
Cover.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
Bab I.docx.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (563kB) |
|
Text
Bab II.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (904kB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (513kB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (818kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (380kB) | Request a copy |
|
Text
Bab VI.docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (313kB) |
Abstract
ABSTRAK Hakim, Lukman. 2023. Penerapan Metode Belajar Al-Quran Ilman Wa Ruuhan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Robbani. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly Al Hikam Malang. Pembimbing : Muh. Rodhi Zamzami M.Pd.I. Kata kunci: Penerapan, metode belajar Al-Quran Ilman Wa Ruuhan, SD Islam Terpadu Robbani Metode belajar Ilman Wa Ruuhan merupakan metode pembelajaran Al-Quran yang digunakan di SD Islam Terpadu Robbani Desa Watugede Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. metode belajar Ilman Wa Ruuhan adalah sebuah metode belajar Al-Quran yang mengintegrasikan antara ilmu membaca Al-Quran (ilman) dan penguatan ruhiyah dari pembinaan Al-Quran itu sendiri (ruhan). Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan teknik studi dokumentasi. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini yaitu mengetahui penerapan dan faktor pendukung serta penghambat metode belajar Ilman Wa Ruuhan di SD Islam Terpadu Robbani Desa Watugede Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Terpadu Robbani yang terdiri dan beroperasional sejak tahun 2011. Saat ini berlokasi di Perumahan Bumi Mondoroko Raya Blok BB-BA Ds. Watugede Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa penerapan metode belajar Ilman Wa Ruuhan di SD Islam Terpadu Robbani Singosari Malang ini belum optimal dalam penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan metodologi yang sudah diajarkan. Banyak kekurangan dalam menerapkan tahapan-tahapan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | D Agama > D Agama |
Divisions: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lukman Hakim 1977011394 |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:21 |
URI: | http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/779 |
Actions (login required)
View Item |