Welcome to

STAIMA Al-Hikam Malang

STAIMA Al-Hikam Malang Repository is a digital collection of scientific works or local content, such as theses, journal articles, books, research papers, etc. Please click the button or search for the article that best reflects your choices. Thank You.


Advanced search

Ahmad Bagus Taftazani, Taftazani Ahmad Bagus (2023) PENGUATAN SELF ESTEEM (HARGA DIRI) DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM NU LAWANG KAB. MALANG. S1 thesis, STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang.

[img] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB)
[img] Text
Cover1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Ahmad Bagus Taftazani. 2023. Penguatan Self Esteem (Harga Diri) Dalam Pengembangan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam NU Lawang Kab. Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Ma’had Aly al-Hikam Malang. Pembimbing : Dr. Ali Rif’an, M.Pd.I Kata Kunci : Karakter Anak, Self Esteem, Tanggung Jawab Self esteem merupakan persepsi diri individu terhadap konsep dirinya. Dukungan untuk peningkatan self esteem berasal dari diri individu dan dari luar individu yaitu lingkungan dan individu yang berada di lingkungannya. Usia sekolah dasar merupakan fase perkembangan awal untuk memasuki dunia pendidikan formal. Pada fase usia tersebut anak mengalami transformasi dari mengenal beberapa individu dan lingkungan menuju lingkungan yang memiliki anggota yang lebih kompleks yaitu lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah memiliki beberapa permasalahan yang umumnya terjadi. Seperti kurangnya rasa tanggung jawab pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penguatan self esteem pada anak usia sekolah dasar di Sekolah Dasar Islam NU Lawang dan bagaimana pengembangan self esteem pada karakter anak terutama rasa tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, wali kelas, dan beberapa peserta didik di SD Islam NU Lawang. pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya mengolah data sesuai dengan masalah yang dikemukakan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, selanjutnya diadakan triangulasi untuk mengembangkan validitasi (kesahihan) data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tentang penguatan self esteem (menghargai diri sendiri) dalam pengembangan karakter tanggung jawab anak di SD Islam NU Lawang terlaksana dengan mengondisikan anak untuk memiliki rasa unik, yaitu anak merasa dirinya spesial sehingga menghargai sifat terntentu yang membuatnya istimewa ketika mampu menerima penghargaan atau pengakuan dari orang lain, memperlakukan anak dengan respek dan kepercayaan diri, menghargai dan mengapresiasi setiap pencapaian anak, memberi perhatian pada kegiatan akademik dan sosial anak. Adapun faktor yang mempengaruhi adalah faktor gender, sosial, dan lingkungan. Dengan peningkatan berupa self esteem yang positif peserta didik lebih memiliki rasa tanggung jawab dalam belajardengan hasil nilai yang baik, aktif dalam kelas, tertib.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: B Karya Umum > B psikologi
B Karya Umum > BD penelitian
G Sosial > GA Pembelajaran
G Sosial > GB Pendidikan
D Agama > D Agama
Divisions: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Bagus Taftazani 1977011369
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:25
Last Modified: 23 Sep 2024 02:25
URI: http://repository.staima-alhikam.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item